Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tren

KRI Rimau Deteksi Titik Magnet, Di Duga Dari KRI Nanggala 402

KRI Nanggala 402

Pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang kontak pada hari rabu (21/04) di perairan Bali dilanjut hari ini Jumat (23/04). Mayjen TNI Achmad Riad, Kepala Pusat Penerangan TNI menyatakan pada perkembangan terkini, KRI Rimau mendeteksi ada satu titik magnet diduga berasal dari KRI Nanggala di perairan utara Bali tersebut.

KRI Rigel yang dibekali peralatan canggih berupa sonar bawah laut, diharapkan bisa cepat merapat pada hari ini. Tujuannya untuk memperluan area sinyal yang berhasil ditangkap oleh KRI Rimau.

Riad mengatakan semua wilayah perairan di utara Bali yang menjadi area diduga titik terakhir hilang kontak KRI Nanggala menjadi kawasan pencarian. Dia pun memastikan pencarian mengerahkan segala peralatan.

Selain itu, kapal penyelamat kapal selam MV Swift dari Singapura diperkirakan tiba paling lambat malam nanti.

Berdasarkan data yang diterima, sampai sore hari, terdapat sembilan titik yang menjadi fokus pencarian kapal selam KRI Nanggala-402.

“Sembilan titik tersebar radiusnya jaraknya 23 nautical mile dari sini dan tersebar kurang lebih 10 nautical mile luasannya nah itulah sedemikian banyak, sehingga sekarang sudah ada pembagian,” kata Riad dalam keterangannya soal kapal selam KRI Nanggala-402, di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (23/4/2021).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Melibatkan Bantuan Negara Asing

Riad menerangkan, operasi pencarian juga melibatkan kepolisian dan negara-negara seperti Australia dan Singapura. Mereka dipimpin langsung Kepala Gugus Tugas Laut Pencarian.

“Beberapa kapal yang dilengkapi ROV sudah dikerahkan semua. Saat ini juga dari HMAS Australia mengerahkan Rigid Hull Inflatable Boat dan helikopter. Kemudian Angkatan Bersenjata Singapura sudah on board di KRI Soeharso,” ucap dia.

Riad mengatakan, pihaknya juga masih menanti kedatangan dari Poseidon yang akan menjadi operator atau membantu P-8 Poseidon dari US. Diperkirakan akan datang pada malam atau dini hari tadi.

“Kami harap dengan berbagai peralatan yang tersedia posisi kapal selam KRI Nanggala-402 dapat terdeteksi,” ucap dia.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

You May Also Like

Business

Cara Menetaskan Telur Ikan Koi Dengan Mudah – Salah satu ide usaha yang bisa bertahan lama salah satunya yaitu budidaya ikan. Budidaya ikan koi...

Business

Sekarang tanaman porang mulai diminati oleh banyak petani karena komoditas baru ini tergolong mahal. Lalu bagaimana cara budidaya tanaman porang? Jenisnya apa saja? Serta...

Hobi

Mungkin tulisan ini bisa dikatakan sedikit usang, karena akan membahas definisi blog beserta manfaatnya. Tapi walaupun begitu, semoga tulisan ini bisa membantu bagi anda...

Business

Harga Dan Spesifikasi Lengkap, Makin Gahar!, Realme hari ini direncanakan melaunching hp terbaru yaitu Realme 8 dan Realme 8 Pro, Senin (29/3/2021). Realme menyebutnya...

Advertisement