Konteks Sosial

Table of Contents

Konteks Sosial

  1. Keluarga

Berkaitan dengan kuatnya dan keluasan pengaruh, maka tidak ada konteks yang memberikan pengaruh sedemikian besar kecuali keluarga. Keluarga adalah konteks pertama yang memperkenalkan anak kepada dunia secara fisik melalui kegiatan bermain dan menjelajah obyek-obyek yang berada di sekitamya. Juga menciptakan ikatan yang khas di antara orang-orang yang berada di sekitar anak. Kelekatan dengan orang tua dan saudara kandung biasanya berjalan sepanjang kehidupan dan menjadi model saat membina hubungan dalam dunia yang lebih luas seperti tetangga, sekolah dan masyarakat di sekitar tempat kita tinggal.

Penelitian-penelitian mutakhir memandang keluarga sebagai suatu jejaring dari hubungan yang saling memiliki ketergantungan satu sama lain (interdependent). Bronfenbrenner menyebutnya sebagai suatu sistem yang memiliki pengaruh bidirectional (bidirectional influences), artinya perilaku atau respons dari setiap anggota keluarga dipengaruhi dan saling memengaruhi anggota keluarga yang lainnya.pengaruh-pengaruh tersebut dapat bersifat langsung maupun tidak langsung .

1.)    Pengaruh yang bersifat langsung (direct influences)

2.)    Pengamh yang bersifat tidak langsung

  1. Status sosial ekonomi danfungsi keluarga

Para peneliti menempatkan kedudukan keluarga seseorang dalam rentang tersebut berdasarkan suatu indeks yang disebut status sosial ekonomi atau yang sering disingkat dengan SES. Indeks tersebut merupakan kombinasi dari tiga variabel yang saling berhubungan satu sama lain namun tidak saling tumpang tindih sepenuhnya. Variabel-variabel tersebut adalah sebagai berikut: (1) tingkat pendidikan dan (2) kedudukan atau keterampilan dalam pekerjaan, dirnana kedua ha! ini mengukur status sosial; dan (3) pendapatan, yang bertujuan mengukur status ekonomi. Dalam kenyataannya status sosial ekonomi ini dapat naik dan turun, yang pada gilirannya tentu saja perubahari-perubahan ini juga memengaruhi fungsi keluarga.

sumber :