Keuntungan

Keuntungan

  1. Rumput Gajah atau pennisetum purpureum yaitu rumput memiliki nutrisi tinggi memiliki ukuran besar yang umumnya digunakan sebagai pakan ternak Rumput ini yaitu rumput raksasa, karena sangat besarnya jadi rumput ini disebut dengan rumput gajah. Tetapi apakah rumput ini bakal diberikan pada gajah? Tidak, rumput ini tiddak diberikan pada gajah melain untuk pakan ternak sebagaimana kerbau, sapi, kambing, serta lembu.
  2. Karakteristik morfologi rumput gajah yaitu tumbuh tegak lurus, merumpun lebat, tinggi tanaman bisa meraih 7 mtr., berbatang tidak tipis serta keras, daun panjang, serta berbunga.
  3. Kandungan zat gizi rumput gajah terbagi dalam 19, 9% bahan kering, 10,2 persen protein kasar, 1,6% lemak, 34,2% serat kasar, 11,7% abu, serta 42,3% bahan esktrak tanpa ada nitrogen. Hasil dari banyak penelitian memberikan bahwa rumput gajah mempunyai nutrisi yang komplit serta sesuai sama keperluan hewan ternak.
  4. Nutrisi paling utama dari daun rumput gajah yaitu kandungan nitrogen serta proteinnya. Selain itu dalam daun rumput gajah juga ada serat serta vitamin yang cukuptinggi. Pakan ternak dari rumput gajah umumnya datang dari daun muda, lantaran aspek daya cerna yang tambah baik yaitu sekitar 70 persen. Sementara pada daun tua, daya cernanya cuma tinggal 50 persen. Selain itu daun muda mempunyai kandungan air yang sangat banyak.
  5. Dalam pemberian konsumsi daun rumput gajah, umumnya peternak memberi daun basah atau berbentuk olahan pengawetan daun hingga jadi formula kering sebagaimana silase serta hay. Nutrisi dari hasil awetan kering ini tidak bakal jauh tidak sama dari nutrisi daun basahnya.
  6. Manfaat rumput gajah ini untuk penggemukan sapi, keperluan minimum sekitar 1,5-0,8 bahan kering dari bobot sapi yang digemukkan. Jadi, seekor sapi yang bakal digemukkan berbobot 200 kg bakal diberikan rumput gajah fresh yang memiliki kandungan 21% bahan kering. Dengan hal tersebut, keperluan minimum hijauan sapi yang bakal digemukkan itu yaitu 200×0,5/100x1kg= 1.0 kg bahan kering atau 4,8 kg bentuk fresh rumput gajah. Tetapi, karena senantiasa ada sisi yang tidak dikonsumsi (bekas batang), jadi pemberian dilebihi 5% dari keperluan, jadi kurang lebih rumput gajah fresh yang bakal diberikan pada sapi yang bakal digemukkan sejumlah 105/100 x 4, 8 kg = 5,05 kg.
    Sumber :https://profilesinterror.com/nobel-kimia-2017-untuk-trio-pengembang-teknologi-mikroskop-cryo-elektron/