Kerangka Anggota Gerak Bawah (Ektremitas Inferior)

Kerangka Anggota Gerak Bawah (Ektremitas Inferior)

Tulang ini dikaitkan pada batang tubuh dengan perantaraan gelang panggul, terdiri dari 31 pasang tulang koksa (tulang pangkal paha), femur (tulang paha), tibia (tulang kering), fibula (tulang betis), patela (tempurung lutut), tarsalia (tulang pangkal kaki), metatarsalia (tulang telapak kaki), dan falang (ruas jari kaki).

  1. Os koksa (tulang pangkal paha)

Tulang koksa membentuk gelang panggul. Letaknya di setiap sis dan di depan bersatu dengan simpisis pubis dan membentuk sebagian besar tulang pelvis. Os koksa terdiri dari os ilium (tulang usus), os pubis (tulang kemaluan) dan os iski (tulang duduk).

  1. Os femur (tulang paha)

Merupakan tulang pipa terpanjang dan terbesar. Kepala sendinya disebut kaput femoris, pada kolumna femoris terdapat taju yang disebut trokanter mayor dan minor. Dibagian ujung membentuk persendian lutut, terdapat dua buah tonjolan yang disebut kondilus medialis dan kondilus lateralis.

Os tibia dan fibularis merupakan tulang yang bentuk persendian lutut dengan os femur. Pada ujungnya tedapat tonjolan yang disebut os maleolus atau mata kaki luar. Os tibia bentuknya lebih kecil,  pada bagian pangkal meletak os fibula, pada bagian ujung mementuk persendian dengan tulang pangkal kaki dan terdapat taju yang disebut os maleolus medialis.

  1. Os tarsalia (tulang pangkal kaki)

Os tarsalia dihubungkan dengan tulang bawah oleh sendi pergelangan kaki. Terdiri dari tulang-tulang kecil yang banyaknya 5 buah yaitu :

1)    Talus (tulang loncat)

2)    Kalkaneus (tulang tumit)

3)    Navikular (tulang bentuk kapal)

4)    Os kuboideum (tulang bentuk dadu)

5)    Kunaiformi (3 buah): kunaiformi lateralis, kunaiformi intermedialis dan kunaiformi medialis,

Metatarsalia (tulang telapak kaki)

Terdiri dari tulang-tulang pendek yang banyaknya 5 buah, yang masing-masing berhubungan dengan tarsus dan falangus dengan perantaraan persendian.

  1. Falangus (ruas jari tangan)

Ruas jari kaki merupakan tulang-tulang pendek yang masing-masing terdiri atas 3 ruas kecuali ibu jari kaki banyaknya 2 ruas. Lengkung kaki tedapat 4 lengkung medial terbentuk dari belakang ke depan kalkaneus. Langkung lateralis oleh kalkaneus kuboidea dan 2 tulang metatarsal. Lengkung melingkang dibentuk oleh tulang tarsal, dan lengkung tranversal anterior dibentuk oleh kepala tulang metatarsal pertama dan kelima.

  1. Sendi (Articulasio)

Sendi adalah pertemuan antara dua buah tulang atau beberapa tulan keranka.  Sendi utama dibagi atas :

  1. Sendi fibrus (sinartrosis)

Yaitu sendi yang tidak dapat bergerak, misalnya sutura yang terdapat pada kepala.

  1. Sendi tulang rawan (amfiatrosis)

Yaitu sendi yang dapat bergerak sedikit, misalnya sendi pada tulang pubis, sendi antara manubrium sterni dan korpus sterni dengan kosta, dan lain-lain.

  1. Sendi sinovial (diartrosis)

Yaitu persendian yang bebas bergerak bebas dan tedapat banyak ragamnya dan semua mempunyai ciri yang sama. Sendi sinovial dapat terdiri dari :

  1. Sendi putar, bongkol sendi tepat masuk dalam mangkok sendiyang dapat memberikan seluruh arah, misalnya sendi panggul dan sendi peluru pada bahu.
  2. Sendi engsel, satu permukaan bunda diterima oeh yang lain sedemikian rupa sehingga gerakan hanya dalam satu bidang dan dua arah, misalnya sendi siku dan sendi lutut.
  3. Sendi kondiloid, seperti sendi engsel tetapi dapt bergerak dalam 2 bidang dan empat arah, lateral, ke depan dan ke belakang. Fleksi, ekstensi, aduksi dan abduksi, misalnya pergelangan tangan.
  4. Sendi berporos (sendi putar), pergerakan sendi memutar seperti pergerakan kepala sendi.
  5. Sendi pelana (sendi timbal balik), misalnya sendi rahang dan tulang metakarpalia pertama (pergelangan tangan)

Sumber: https://officialjimbreuer.com/