Connect with us

Pendidikan

Kedudukan Dan Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional Dan Negara

Published

on

Kedudukan Dan Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional Dan Negara

Bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi negara. Dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai sarana pemersatu berbagai suku bangsa dan sebagai sarana komunikasi antardaerah dan antarbudaya daerah.

Sementara itu, dalam kedudukannya sebagai bahasa resmi negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan, bahasa pengantar pendidikan, bahasa komunikasi tingkat nasional, bahasa media massa, serta bahasa pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan kedudukan seperti itu, bahasa Indonesia memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam memfasilitasi proses kemajuan bangsa Indonesia.

Untuk meningkatkan peran dan kedudukan bahasa Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mengembangkan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). Pengembangan UKBI sebagai alat uji diiringi dengan fungsinya untuk mengukur kemahiran penutur bahasa Indonesia, baik penutur yang merupakan warga negara Indonesia maupun warga negara asing.

Untuk itu, Kantor Bahasa Provinsi Banten selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa memberikan layanan berupa pengujian UKBI kepada masyarakat yang memerlukannya.

Kedudukan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Negara

Bahasa Indonesia dikukuhkan sebagai bahasa negara pada tanggal 18 Agustus 1945 dalam Undang-Undang Dasar 1945, Bab XV, pasal 36 sebagai bahasa negara yang berfungsi :

1. Bahasa resmi kenegaraan Bahasa Indonesia digunakan untuk urusan-urusan kenegaraan. Dalam hal ini pidato-pidato resmi, dokumen dan surat-surat resmi harus ditulis dalam bahasa Indonesia, upacara-upacara kenegaraan juga dilansungkan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Pemakaian bahasa Indonesia dalam acara-acara kenegaraan sesuai Undang-Undang Dasar 1945 mutlak dilakukan.

Baca Juga  Greta Thunberg Joins Youth Activists on TIME Panel at Davos

2. Bahasa pengantar dalam dunia Pendidikan Bahasa Indonesia ialah satu-satunya bahasa yang memenuhi kebutuhan akan bahasa yang seragam dalam pendidikan di Indonesia. Bahasa Indonesia ialah bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan mulai dari taman kanak-kanak hingga pada sekolah tinggi tinggi, kecuali didaerah-daerah yang menggunakan bahasa wilayahnya sebagai bahasa pengantar hingga dengan tahun ketiga disekolah dasar.

3. Alat penghubung di tingkat nasinal untuk kepentingan pembangunan dan pemerintahan Bahasa Indonesia bukan saja sebagai alat komunikasi timbal balik antara pemerintah dan masyarakat luas, dan bukan saja sebagai alat perhubungan antar kawasan dan antar suku, melainkan juga sebagai alat perhubungan dalam masyarakat yang sama latar belakang sosial budaya dan bahasanya. Kalau ada lebih dari satu bahasa yang digunakan sebagai lat perhubungan, keefektifan pembangunan dan pemerintahan akan terganggu alasannya yaitu akan dibutuhkan waktu yang usang dalam berkomunikasi dan bahasa Indonesia sanggup mengatasi kendala ini.

4. Sebagai alat pengembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi

Bahasa Indonesia ialah satu-satunya bahasa di Indonesia yang memenuhi syarat untuk itu alasannya yaitu bahasa Indonesia sudah dikembangkan untuk keperluan tersebut dan bahasa ini dimengerti oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Pada dikala yang sama pula bahasa Indonesia dipergunakan sebagai alat untuk menyatakan nilai-nilai sosial budaya nasional.

Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional

Sementara fungsi dari Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara yaitu

Lambang Kebanggaan Nasional

Sebagai lambang pujian nasinal, bahasa Indonesia mencerminkan nilai-nilai sosial budaya yang mendasari rasa kebangsaan. Bangsa Indonesia harus merasa gembira alasannya yaitu adanya bahasa Indonesia yang dapat menyatukan banyak sekali suku yang tidak sama. Ini mengatakan bahwa bangsa Indonesia sanggup mengatasi perbedaan yang ada, atas dasar kebaanggan inilah bahasa Indonesia terpelihara dan berkembang serta rasa pujian memakainya senantiasa terbina.

Baca Juga  Sekolah Dan Siswa Wajib Miliki Akun LTMPT, Ini Alasannya

Lambang Identitas Nasional

Sebagai lambang identitas nasional, bahasa Indonesia kita junjung tinggi disamping bendera dan lambang negara kita. Untuk membangun kepercayaan diri yang kuat, sebuah bangsa memerlukan identitas, diantaranya sanggup diwujudkan melalui bahasanya. melaluiataubersamaini adanya sebuah bahasa yang sanggup mengatasi banyak sekali bahasa dan suku bangsa yang tidak sama sanggup mengidentikkan diri sebagai suatu bangsa melalui bahasa tersebut.

Alat Pemersatu Bangsa dan Suku Bangsa

Berkat adanya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, kita sanggup berafiliasi satu dengan yang lainnya sedemikian rupa sehingga kesalah pahaman sebagai akhir perbedaan latar belakang budaya dan bahasa sanggup terhindarkan. Kalau kita ada sebuah bahasa, menyerupai bahasa Indonesia yang menyatukan suku-suku bangsa yang tidak sama, akan banyak muncul problem perpecahan bangsa, dan kita sanggup bepergian keseluruh plosok tanah air dengan memanfaatkan bahasa Indonesia sebagai satu-satunya alat komunikasi.

Alat Penghubung Antar Daerah dan Antar Budaya

Sebagai alat penghubung antar kawasan dan antar suku, bahasa Indonesia memungkinkan banyak sekali suku bangsa yang tidak sama itu mencapai keserasian hidup sebagai bangsa yang bersatu dengan tidak perlu meninggalkan identitas kesukuan sebagai bangsa yang bersatu dengan tidak perlu meninggalkan identitas kesukuan dan kesetiaan kepada nilai-nilai sosial budaya serta bahasa kawasan yang bersangkutan. melaluiataubersamaini demikian, kita sanggup meletakkan kepentingan nasional atas kepentingan kawasan (kesukuan) atau golongan.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pendidikan

Sekolah Dan Siswa Wajib Miliki Akun LTMPT, Ini Alasannya

Published

on

Sekolah Dan Siswa Wajib Miliki Akun LTMPT, Ini Alasannya

Terbaru.co.id, Jakarta – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengharuskan sekolah dan siswa untuk membikin dan miliki akun LTMPT. Akun ini penting untuk registrasi di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

Ketua LTMPT Prof Mochamad Ashari menjelaskan, langkah awal untuk ikuti penyeleksian akseptasi mahasiswa baru di PTN di bawah koordinir LTMPT memang sekolah dan siswa harus mempunyai akun LTMPT.

Tahun ini, ucapnya, penyeleksian akseptasi mahasiswa baru di bawah LTMPT akan buka peluang beberapa siswa untuk mendaftarkan 75 PTN (kampus dan institut), 39 politeknik negeri dan 11 perguruan tinggi keagamaan islam negeri yang lewat SNMPTN dan SBMPTN.

Ashari yang memegang sebagai Rektor ITS ini menerangkan, register akun yang perlu dibikin sekolah telah diawali semenjak 4 Januari kemarin. Dan untuk siswa dipersilakan membuat akun awal hari ini, Senin (10/1/2022).

“Untuk siswa diawali pada 10 Januari kelak sore . Maka siswa kelas 12 anda mulai bisa membuat akun kelak sore jam 15.00 WIB di LTMPT,” ucapnya pada Publikasi Register Akun LTMPT dan Verval Data dalam PMB 2022 di Youtube LTMPT, Senin (10/1/2022).

Selanjutnya, kenapa sekolah dan siswa diharuskan membuat akun LTMPT? Ashari menjawab, sekolah diharuskan karena sekolahlah harus mengupload data pelajar-siswinya yang eligible mendaftarkan ke SNMPTN.

Ia menerangkan, sekolah nanti akan membuat penilaian siswa berdasar legalisasinya. Untuk sekolah legalisasi A, ucapnya, diambil 40% terbaik di sekolahnya, legalisasi B 25 % dan legalisasi C 5 % terbaik di sekolahnya.

Selanjutnya untuk siswa kelas 12, katanya, wajib buat buka akun LTMPT karenanya akun itu siswa akan dibolehkan untuk pilih program study dan PTN yang diharapkan.

Baca Juga  Bentuk Dan Jenis Koperasi

“Jika memang ingin turut di penyeleksian masuk PTN, harus anda semua buka akun di LTMPT. Kelak untuk mendaftarkan di SNMPTN dan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN,” katanya.

Ashari memberi pesan, supaya lancar saat membuat akun diharap telah pahami tata langkah membuat yang telah diumumkan oleh LTMPT. Selanjutnya signal internet dan piranti computer harus juga dipersiapkan secara baik.

Disamping itu, Ashari minta, supaya tiap peserta tidak boleh lakukan registrasi di beberapa akhir periode registrasi. Dijumpai, pembikinan akun siswa akan ditutup pada 15 Februari 2022.

“Hingga bila ada kesusahan, ada data yang kurang betul karena itu masih mempunyai waktu untuk lakukan revisi sampai account-nya itu kelak maka ” ujarnya.

Continue Reading

Pendidikan

Pertanyaan Tentang Hukum Taklifi

Published

on

Pertanyaan Tentang Hukum Taklifi

Pertanyaan Tentang Hukum Taklifi – Beberapa ahli usul fikih membagikan hukum taklifi jadi tiga kelompok: perintah, larangan, dan pilihan, untuk jalankan suatu hal atau meninggalkannya.

Dari ke-3 kelompok itu, mereka selanjutnya membagikan kembali jadi lima jenis, yakni wajib, haram, mandub (sunnah), mubah, dan makruh.

Satu perintah termasuk wajib atau fardhu jika perintah itu disertai dengan janji pemberian pahala untuk yang jalankan dan ancaman siksaan untuk yang tinggalkan.

Perintah wajib ini berdasar pada dalil-dalil yang telah qath’i atau pasti, yang tidak diragukan kembali keabsahannya.

Pengertian Hukum Taklifi

Hukum takhlifi adalah hukum yang berisi tuntutan kepada mukallaf untuk meninggalkan atau melakukan sesuatu, atau memilih diantara keduanya.

Pembagian

Al-ijab (wajib)

Yaitu suatu tuntutan secara pasti dari syari’at untuk dilaksanakan dan tidak boleh ditinggalkan, karena jika meninggalkan akan dikenai hukuman.

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.

Para ulama ushul fiqh mengemukakan pembagian hukum wajib bisa dilihat dari beberapa segi, yaitu, dari segi waktu pelaksanaan, dari segi kandungan perintah, dari segi orang yang dibebani kewajiban hukum, dan dari segi kuantitasnya.

Dari segi waktu pelaksanaan :

  • Muaqqat( Terikat waktunya ) sesuatu yang dituntut oleh syar’i untuk dikerjakan dengan pasti pada waktu tertentu, contoh : sholat 5 waktu, yang mana shalat itu tidak wajib sebelum datang waktunya.
  • Muthlaq (Tidak terikat waktu ) sesuatu yang dituntut oleh syar’i dengan pasti, namun tidak ditentukan waktu pelaksanaanya, contoh : Ibdah haji, yang manawajib bagi orang yang mampu, namun untuk melaksanakannya tidak dibatasi waktu tertentu.
Baca Juga  Prinsip Organisasi

Dari segi kandungan perintah:

  • wajib mu’ayyan, yaitu kewajiban yang telah ditentukan perbuatanya, seperti membaca fatihah atau tahiyat dalam sholat.
  • wajib mukhayyar, yaitu kewajiban yang objeknya dapat dipilih dengan alternatif yang ada. Seperti membayar kafarat.

Dari segi orang yang dibebani kewajiban hukum, dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Wajib aini, yaitu kewajiban yang dibeban kepada semua orang yang sudah baligh tanpa terkecuali. Seperti shalat fardhu.
  • Wajib kifayah, yaitu perbuatan yang dapat dilakukan secara kolektif, seperti menyelenggarakan sholat jenzah.

Dari segi kuantitasnya:

  • Wajib muhaddad, yaitu wajib yang ditentukan batas kadarnya (jumlahnya), seperti jumlah zakat yang harus dikeluarkan.
  • wajib qhairu muhaddad, yaitu kewajiban yang tidak ditentukan batas kadarnya, seperti membelanjakan harta dijalan Allah.

Continue Reading

Pendidikan

4 Tips Memulai Conversation

Published

on

4 Tips Memulai Conversation

Apakah kamu mengalami kesulitan berbicara bahasa Inggris? Terkadang bagian tersulit dari belajar bahasa Inggris adalah memulai percakapan. Pelajari ungkapan-ungkapan ini untuk memulai percakapan dalam bahasa Inggris dalam situasi apa pun – formal atau informal, di tempat kerja, sekolah, atau konteks lainnya! Jika hal tersebut sudah berhasil kita akan ke tahap berikutnya, yaitu tentang cara melanjutkan percakapan. Belajar bahasa Inggris dari dasar apalagi mengenai percakapan memang bukan hal yang mudah, tetapi kamu bisa merasakan hasilnya kelak.

Semua itu dapat dilakukan secara otodidak, tetapi jika kamu ingin di pandu oleh profesional, kamu bisa ikut kursus pada lembaga yang terpercaya. Misalnya adalah English First atau EF, mereka sudah banyak memiliki cabang dan juga memiliki program belajar yang menarik. Tidak percaya? Kamu bisa membacanya sendiri disini https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/beginner/. Namun jika kamu lebih nyaman belajar sendiri secara otodidak, itu pun tidak menjadi masalah.

Lalu, bagaimana sih caranya untuk memulai melakukan conversation english? Atau percakapan bahasa Inggris. Berikut adalah yang bisa kamu lakukan :

1. Pembukaan

Langkah pertama adalah memecahkan kebekuan (memulai percakapan). Kamu dapat memperkenalkan diri dengan: “Halo, nama saya…” atau coba pendekatan yang lebih santai seperti “Hai, saya…” kamu dapat melanjutkan sapaan dengan pertanyaan sederhana seperti “Dari mana kamu berasal?” Ada baiknya untuk memulai dengan sesuatu yang mudah dan impersonal untuk membantu kamu membangun kepercayaan diri

2. Topik yang Cocok

Cara yang baik untuk menjaga percakapan tetap berjalan adalah dengan membicarakan sesuatu yang kamu miliki bersama. Misalnya, jika kamu bertemu seseorang di sebuah pesta, kamu dapat menanyakan bagaimana mereka mengenal tuan rumah

Baca Juga  Bentuk Dan Jenis Koperasi

3. Tanggapan yang Sesuai

Agar percakapan tetap berjalan, penting untuk menanggapi apa yang orang katakan, misalnya, “Itu pasti menarik!” atau “Benarkah? Saya belum pernah mencobanya.”

4. Teknik Mendengarkan

Bercakap-cakap di ‘dunia nyata’ selalu lebih menantang daripada berbicara di dalam kelas. Tapi jangan menyerah! Ingat, kamu tidak harus memahami setiap kata: berkonsentrasilah pada kata-kata yang kamu pahami alih-alih terpaku pada kata-kata yang tidak kamu pahami.

Itulah tips yang bisa kami berikan, jika kamu menginginkan tips atau pun contoh lainnya kamu bisa mengunjungi website kami loh. Disana kamu banyak menulis tentang belajar bahasa Inggris dari yang pemula sampai fasih. Silahkan kunjungi link berikut, https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/conversation/ selamat membaca!

Continue Reading

Trending