Kayu Gubal dan Kayu Teras (Sapwood dan Heartwood)

Kayu Gubal dan Kayu Teras (Sapwood dan Heartwood)

Kayu Gubal dan Kayu Teras (Sapwood dan Heartwood)

Kayu merupakan salah satu kebutuhan terpenting manusia. Hal ini dikarenakan kayu memiliki berbagai manfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Biasanya kayu dihasilkan oleh pohon. Di dalam pohon terdiri dari berbagai jenis sifat kayu yang diantaranya adalah sifat-sifat kasar kayu. Di dalam sifat-sifat kasar kayu terdapat dua bagian lapisan kayu yakni kayu gubal (sapwood) dan kayu teras (heartwood). Penjelasan tentang kayu gubal dan kayu teras akan diuraikan sebagai berikut.

1. Kayu Gubal (Sapwood)

Kayu gubal merupakan bagian dalam kayu di dalam pohon yang terdiri dari bagian silim yang masih hidup sehingga menjamin proses fisiologis yakni fungsi penyalur, penyimpan cadangan makanan, dan kekuatan mekanis dapat berjalan secara aktif (Pandit & Ramdan, 2002). Searah dengan hal tersebut, Sunardi (1977) juga mendefinisikan kayu gubal adalah bagian kayu yang tetap hidup selama pohon masih melakukan proses kehidupannya. Lebih lanjut dikatakan bahwa kayu gubal atau juga dikenal dengan alburnum ini utamanya bertugas untuk mengalirkan air dan zat-zat yang terlarut di dalamnya dari tanah ke tajuk pohon. Di dalam kayu gubal terdapat sekitar 30-40% sel yang masih hidup dan beraktivitas
2. Kayu Teras (Heartwood)
Kayu teras merupakan sel-sel silim yang telah mati yang menyebabkan proses fisiologis  yakni sebagai penyalur dan penyimpan cadangan makanan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya (Pandit & Ramdan, 2002). Searah dengan pengertian tersebut, Sunardi (1977) juga menjelaskan bahwa kayu teras merupakan bagian yang sudah mati di tengah batang kayu. Lebih lanjut dikatakan bahwa kayu teras yang juga ddapat dikatak sebagai truewood dan duramen ini memiliki tugas utama yakni kekuatan mekanis pada kayu serta tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan kehidupan pohon.
Baca juga: