JENIS JENIS KOMUNIKASI

JENIS JENIS KOMUNIKASI

JENIS JENIS KOMUNIKASI

JENIS JENIS KOMUNIKASI

Bukan hanya pengertian komunikasi

yang menjadi dasar pada pembahasan ini, mengetahui apa saja jenis-jenis dari komunikasi serta juga syarat-syarat komunikasi merupakan hal penting untuk dilakukan. Tujuannya, supaya komunikasi dapat terarah serta berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Kebanyakan, komunikasi dibagi sesuai dengan penyampaian yang diberikn pada pihak-pihak yang sedang berkomunikasi. Terkait dengan bagaimana cara penyampaiannya, kita bisa membagi komunikasi dalam dua jenis, yaitu komunikasi verbal yang menggunakan lisan , serta komunikasi nonverbal yang menggunakan cara yang tertulis. Keduanya jenis komunikasi tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan, dengan demikian Anda harus mengetahuinya.

Komunikasi verbal sendiri merupakan jenis komunikasi yang dilakukan secara tatap muka langsung tanpa adanya batasan jarak, adapun contoh dari komunikasi verbal yang kerap kita lakukan yaitu berbicara. Meskipun jenis komunikasi ini harus melalui bertatap muka, akan tetapi, terdapar batasan tertentu yang menjadikan komunikasi yang dilakukan seseorang masuk kedalam jenis komunikasi ini.

Komunikasi yang dimaksud yaitu komunikasi yang dilakukan karena terbatas oleh jarak, contohnya ketika menelepon seseorang. Meskipun tidak bertatap muka secara langsung, jenis komunikasi ini merupakan komunikasi verbal yang paling banyak dilakukan oleh pihak yang membutuhkannya.

Jenis komunikasi kedua yaitu jenis komunikasi nonverbal. Komunikasi nonverbal yang menggunakan tulisan sebagai salag media komunikasinya sudah banyak kita temui didalam kehidupan sehari-hari. Dikarenakan masyarakat belum terlalu paham mengenai pengertian komunikasi secara umum, komunikasi nonverbal ini kerap diacuhkan begitu saja.

Sebenarnya, jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, manfaatnyat ternyata sangat besar. Adapun bentuk dari komunikasi nonverbal yang paling banyak yaitu dalam bentuk teks atau naskah tertentu.  Kebanyakan, teks tersebut digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan komunikasi secara kompleks serta terukur.

Lebih dari itu, gambar serta juga foto juga dapat digunaka sebagai sarana non verbal. Seperu yang paling sering kita temukan dari komunikasi nonverbal yaitu banner, spanduk, iklan di TV serta masih banyak lainnya. Supaya kedua jenis komunikasi tersebut dapat berjalan dengan terarah serta dapat mendapatkan tujuan yang sesuai dengan keinginan, syarat-syarat komunikasi berlangsung merupakan hal mutlak yang harus ada.

Dengan adanya syarat tersebut, komunikasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak yang berkaitan dapat berjalan dengan baik, hingga akhirnya dapat mendapatkan hasil atau tujuan yang diharapkan. Terkait dengan syarat-syarat komunikasi adalah sebagai berikut:

• Komunikasi wajib memiliki pesan yang akhirnya dapat diterima oleh pihak yang saling berkaitan.
• Komunikasi juga dapat mencapai tujuan ketika penyampaiannya sesuai dengan apa yang disampaikan.
• Komunikasi juga wajib memiliki kredibilitas yang bagus hingga akhirnya menjadikan penerima pesan dapat percaya terkait dengan apa yang dirinya sampaikan.
• Komunikasi memerlukan pengendalian suasana berupa tanggapan atau beberapa hal lainnya.


Baca Juga :