Insiden Bandung Lautan Api

Insiden Bandung Lautan Api

Insiden Bandung Lautan Api
Insiden Bandung Lautan Api

Pada tanggal 17 Oktober 1945

pasukan sekutu hadir ke Bandung yang diboncengi dengan oleh tentara NICA yang ingi mengembalikan kekuasaannya di Indonesia. Namun, semangat juang rakyat Indonesia, utamanya para cowok Bandung tetap semangat dan berkobar mempertahankan kemerdekaan. Pada balasannya pertempuran besar dan kecil berlansung di Bandung untuk mempertahankan kedaulatan Reublik Indonesia yang gres didirikan.

Untuk meredah ketegangan, diadakanlah negosiasi antara pihak RI dan AFNEI atau sekutu dan NICA, hasil negosiasi tersebut, kota Bandung dibagi menjadi dua bab yakni Bandung utara yang diduduki oleh pihak sekutu, sedangkan Bandung diduduki oleh pemerintah Indonesia.

Pada Tanggal 23Nopember 1945

sekutu mempersembahkan ultimatun biar pihak Indonesia harus meninggalkan dan mengosongkan tempat Bandung bab utara paling lambat hingga pada tanggal 29 Nopember, pihak sekutu mempersembahkan jangka waktu hingga lima hari, namun bahaya sekutu tersebut tidak diindahkan oleh para pejuang Bandung hingga pada batas yang diputuskan oleh pihak sekutu, sehingga terjadilah pertempuran pada tanggal 1 Desember 1945. Karena perlengkapan persenjaan pihak sekutu lebih lengkap, tentara sekutu berhasil menduduki kota Bandung bab utara.

Pada tanggal 23 Maret

kembali sekutu mengeluarkan ultimatun yang kedua kepada rakyat Bandung. Dalam ultimatun yang kedua pihak sekutu menyuruh para pejuang Bandung untuk mengosongkan kota Bandung dan meninggalkan kota Bandung. Akan tetapi para pejuang kota Bandung tidak menuruti ultimatun yang dikeluarkan oleh pihak sekutu. Akibatnya, terjadilah pertempuran yang sengit di Bandung bab selatan sehingga tentara sekutu terdesak. Karena terdesak, tentara sekutu meminta menolongan pemerintah RI untuk menghentikan pertempuran.

Pemerintah menyetujui seruan sekutu tersebut, dan memerintahkan para pejuang Bandung untuk menghentikan pertempuran dan meninggalkan kota Bandung. Namun dengan berat hati para pejuang Bandung meninggalkan kota Bandung. Pada ketika bergerak mundur, para pejuang bandung aben bangunan-bagunan penting di Badung bab selatan. Tujuannya biar supaya tidak dapat dipergunakan oleh pihak sekutu.

Peristiwa ituah dikenal sebagai kejadian Bandung lautan api.Istilah tersebut menggambarkan para pejuang Bandung rela berkorban demi mempertahankan kemerdekaan Bandung. Mereka rela aben rumah-rumah mereka sendiri dari pada dikuasai oleh tentara sekutu inggris dan NICA.

Baca Juga: