HUBUNGAN INTERPERSONAL

HUBUNGAN INTERPERSONAL

HUBUNGAN INTERPERSONAL

HUBUNGAN INTERPERSONAL

Dalam mencapai sebuah hubungan intim, pola komunikasi yang terjalin sudah harus memasuki ke dalam tahapan yang lebih dalam. Karena pembicaraan mengenai pola hubungan ini akan berdampak pada kedekatan seseorang tersebut. Bisa diartikan sebagai, hubungan antar personal akan memengaruhi pola komunikasi yang dibentuk.

Sedikit penjelasan mengenai pola hubungan itu sendiri bahwa, komunikasi bisa dikatakan ideal (efektif) apabila terdapat dua faktor, komunikator dan komunikan. Kedua faktor tersebut tak hanya bertukar pesan saja, namun harus saling memberikan umpan balik positif. Apabila ketercapaian itu sudah mampu untuk dilakukan. Tindakan selanjutnya adalah pola hubungan yang dibangun.

  • TAHAPAN HUBUNGAN INTERPERSONAL

Dalam melakukan komunikasi interpersonal, khususnya pola hubungan. Joseph De Vito mengungkapkan pendapatnya sebagai berikut “sebelum komunikasi interpersonal berjalan dengan lancar, poin – poin yang harus diperhatikan dalam tahapan hubungan interpersonal harus terpenuhi (keterlibatan, keakraban, kemunduran, perbaikan, serta putusnya hubungan)”

Hubungan – hubungan seperti diatas harus diperhatikan apabila menganut De Vito. Karena tahapan dalam melakukan hubungan interpersonal adalah kepastian yang dimiliki oleh tiap individu.

  • FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI HUBUNGAN INTERPERSONAL

Menurut Rakhmat (2001 : 129) terdapat beberapa faktor yang mampu memengaruhi hubungan interpersonal. Berikut diantaranya: sikap saling percaya, sikap sportif, serta sikap keterbukaan dalam berpendapat. Ketiga sikap tersebut akan saling memengaruhi individu dalam melakukan interaksi. Sehingga pola hubungan yang ada, akan tampak dengan sendirinya.


Baca Juga :