Connect with us

Nasional

Hari Ini Kasus Omicron Di Indonesia Bertambah Jadi 572

Published

on

Hari Ini Kasus Omicron Di Indonesia Bertambah Jadi 572
Sumber: gettyimages.com

Terbaru.co.id, Jakarta — Hari ini kasus Omicron di Indonesia bertambah menjadi 572 kasus. Kasus virus Corona Covid-19 varian Omicron per 12 Januari bertambah 66 sehingga total menjadi 572.

Siti Nadia Tarmizi, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes, tambahan 66 kasus Omicron tersebut berasal dari 33 orang Pelaku Perjalanan Luar Negeri atau PPLN. Sementara 33 kasus lainnya berasal dari transmisi lokal.

Pada saat ini, ratusan pasien yang terkonfirmasi Omicron tersebut menjalani masa karantina di RSDC Wisma Atlet sebanyak 339 orang. Jumlah tersebut merupakan pasien Omicron terbanyak yang dirawat di Wisma Atlet.

Sementara sisanya dikarantina di beberapa Rumah Sakit yang sudah ditunjuk oleh Satgas Penanganan Covid-19.

“Hampir setengahnya atau sekitar 276 orang telah selesai menjalani isolasi, sedangkan sisanya 296 orang masih isolasi,” kata Nadia dikutip dari situs resmi Kemenkes, Jumat (14/1).

Menurut Nadia sampai saat ini belum ada pasien yang membutuhkan penanganan serius. Kebanyakan bergejala ringan bahkan tanpa gejala.

“Dari hasil pemantauan di lapangan, mayoritas gejalanya ringan dan tanpa gejala. Jadi belum butuh perawatan yang serius,” tutur Nadia.

Temuan baru kasus omicron didapat dari tes S Gene Target Failure (SGTF) yang kemudian divalidasi menggunakan Whole Genome Sequences (WGS).

Dalam beberapa waktu terakhir penambahan kasus Covid-19 varian Omicron berimplikasi melonjaknya kasus harian Nasional. Menurut Nadia, Proporsi varian Omicron jauh lebih banyak dibandingkan varian Delta yang masih terus diperiksa sampai saat ini.

“Dari hasil monitoring yang dilakukan Kemenkes, kasus probable Omicron mulai naik sejak awal tahun 2022. Sebagian besar dari pelaku perjalanan luar negeri, hal ini turut berdampak pada kenaikan kasus harian Covid-19 di Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga  Jendral Dudung Nyanyi "Ayo Ngopi" Mendadak Viral Bareng Prajurit

Dari total 572 kasus omicron Indonesia itu, sebanyak 565 di antaranya berada di Jakarta. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Yang sudah terpapar omicron itu 565, bertambah. Yang dari luar 458 atau 81,1 persen, yang lokal 107 atau 18,9 persen,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Kamis malam.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nasional

Hadfana Penendang Sesajen Jalani Proses Hukum Di Polda Jatim

Published

on

Ini wajah hadfana penendang sesajen

Terbaru.co.id — Polisi memutuskan Hadfana Firdaus atau Hadfana penendang sesajen di lokasi erupsi Semeru sebagai tersangka. Sekarang ini, semua proses hukum Hadfana dilaksanakan di Mapolda Jawa timur.

“Untuk proses pemeriksaan dikerjakan di Polda Jawa Timur,” kata Kabid Humas Polda Jawa timur Kombes Gatot Repli Handoko.

Dijumpai, Hadfana diamankan di Gang Dorowati, Pringgolayan, Banguntapan, Bantul, DIY. Gatot menjelaskan lokasi itu sebagai wilayah di dekat tempat tinggal aktor.

“Itu tempat rumah tinggalnya yang berkaitan, tetapi ditangkap di jalan,” kata Gatot di Mapolda Jawa timur Jalan Ahmad Yani Surabaya, Jumat (14/1/2022).

Penangkapan Hadfana dilaksanakan team gabungan. Gatot menjelaskan pihaknya ditolong team dari Polda DIY.

“Di hari ini kami sampaikan berkaitan penangkapan pada saudara HF yang dikerjakan oleh team gabungan dari Polres Lumajang, selanjutnya Ditreskrimum Polda Jawa Timur ditolong oleh team dari Krimum Polda DIY,” tutur Gatot.

Gatot menyebutkan Hadfana diamankan saat malam hari. Sesudah diamankan, dia segera dibawa ke Polda Jawa timur.

“Jadi saudara HF sukses ditangkap di wilayah Bantul semalam sekitaran jam 22.30 WIB setelah dilaksanakan koordinir kami membawa ke Polda Jawa Timur dan barusan pagi sekitaran jam 4.30 WIB telah tiba di Polda Jawa timur,” paparnya.

Sementara selesai diputuskan sebagai tersangka, polisi masih lakukan penyelidikan pada aktor.

“Sekarang ini kita kerjakan pemeriksaan dan kami terus berikan ke kawan-kawan jika proses penelusuran ini kita lakukan koordinir dengan beberapa Polda. Ada Polda NTB, Polda Jogja dan Polda Jawa tengah,” ujarnya.

Hadfana penendang sesajen, ditangkap di Gang Dorowati, Pringgolayan, Banguntapan, Bantul. Lokasi penangkapannya dekat sama Polsek Banguntapan. Hadfana diamankan pada Kamis (13/1) malam, sekitaran jam 22.40 WIB.

Baca Juga  Akibat Gempa Banten Kantor Wali Kota Jaktim dan RSUD Kalideres Rusak

Awalnya, video trending memiliki durasi 30 detik itu menunjukkan seorang pria kenakan tutup kepala dan rompi berdiri lalu merapat ke sebuah sesajen yang ditempatkan di atas tanah. Ada dua sesajen yang kelihatan yaitu buah dan jagung.

Sekalian menunjuk ke sesajen pria itu berbicara: “Ini yang membuat murka Allah. Jarang-jarang sekali diakui jika berikut yang malah mengundang murka Allah, sampai Allah turunkan azabnya. Allahu Besar,” sebut pria itu.

Sedetik selanjutnya, tangan pria itu bergerak buang sesajen buah dan menendang sesajen nasi. Kebenaran letak sesajen itu ada di permukaan tanah yang semakin tinggi hingga ke-2 sesajen itu langsung jatuh.

Continue Reading

Nasional

Pasca Gempa Banten, Baru 50 Persen Listrik Diperbaiki Oleh PLN

Published

on

Pasca Gempa Banten, Baru 50 Persen Listrik Diperbaiki Oleh PLN
Listrik belum kembali normal, pasa gempa banten. Sumber: suara.com

Terbaru.co.id — Pasca gempa Banten PT PLN Persero menerjunkan team untuk lakukan pemeriksaan berkaitan dengan listrik beberapa korban yang tedampak gempa Banten. Dari pemeriksaan sementara oleh team PLN, 296 gardu distribusi di dua daerah terimbas dampak gempa.

“Sampai jam 18.00, PLN sukses mengembalikan listrik 11.196 pelanggan dari 21.490 pelanggan yang terimbas,” tutur Vice President Komunikasi Korporat PLN Gregorius Adi Trianto dalam penjelasannya, Jumat (14/1/2022).

Sekarang ini terdaftar jumlah pelanggan di semua daerah Banten sejumlah 3,6 juta. PLN pastikan mekanisme kelistrikan di daerah lain masih terlihat aman.

Pasca gempa Banten, Manager PLN UP3 Banten Selatan, Irwanto menerangkan dampak gempa yang belangsung sepanjang 30 detik itu berpengaruh pada 3 penyulang kelistrikan. Dua daerah kerja yang dekat sama pusat gempa yakni Unit Service Pelanggan atau ULP Labuan dan ULP Malingping.

“Pasca gempa Banten, PLN gerak cepat untuk dapat mengembalikan mekanisme kelistrikan terutamanya di dua daerah itu. PLN turunkan team recovery untuk pastikan besar imbas dan lakukan rekondisi,” kata Irwanto.

Irwanto menghimbau ke semua warga untuk selalu tenang dan tidak cemas. PLN terus berusaha untuk selekasnya lakukan rekondisi mekanisme kelistrikan dan melindungi sistem kelistrikan supaya tidak ada beberapa hal yang tidak diharapkan.

“Kami menghimbau ke semua pelanggan untuk melapor lewat program PLN Mobile atau mengontak Kontak Center PLN 123 jika ada masalah kelistrikan yang dirasakan disekelilingnya,” tambah Irwanto.

Data dari BMKG memberikan Pusat Gempa ada di Kabupaten Pandeglang, daerah Banten dengan kemampuan magnitudo 6,7. Gempa yang berjalan sepanjang 30 detik tidak mempunyai potensi tsunami.

Baca Juga  Kronologi Status Tersangka Bahar Bin Smith Terkait Hoaks
Continue Reading

Nasional

Akibat Gempa Banten Kantor Wali Kota Jaktim dan RSUD Kalideres Rusak

Published

on

Akibat Gempa Banten Kantor Walik Kota Jaktim dan RSUD Kalideres Rusak
RSUD Kalideres dari depan, sumber: medcom.id

Terbaru.co.id — Akibat gempa Banten beberapa bangungan di berbagai wilayah sekitar terkena dampaknya. Gempa yang berkuatan 6,7 magnitudo ini dirasa cukup kuat di sejumlah wilayah Jakarta.

Setidaknya ada dua bangunan yang terdampak gempa Banten, Gedung yang pertama adalah Rumah Sakit Umum (RSUD) Kalideres menurut Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Muhammad Insyaf.

“Terdampak sementara RSUD Kalideres, retak sebagian dinding,” ujar Insyaf kepada wartawan, Jumat (14/1/2022).

Selanjutnya bangunan yang kedua yang terkena dampat gempa banten yaitu kantor Wali Kota Jakarta Timur, Pulogebang. Dinding bagian toilet kantor tersebut mengalami keretakan.

“Kantor Wali Kota Jakarta Timur, kerusakan pada dinding toilet keramik terlepas,” Ujar Insyaf.

Menurut Insyaf, data dampak gempa Banten ini berdasarkan pada hasil pengumpulan informasi sampai pukul 18.30 WIB. Bahkan sampai saat ini, pihaknya masih menelusuri dan mendata dampak lainnya akibat Gempa yang berpusat di Banten tersebut.

“Kerugian dan korban dalam konfirmasi dan pendataan,” pungkasnya.

BMKG Konfirmasi Kekuatan Gempa Banten

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memutakhirkan kekuatan gempa bumi yang terjadi di Sumur, Banten pada Jumat (14/1/2022) sore dari magnitudo 6,7 menjadi magnitudo 6,6.

“Parameter yang terupdate kekuatan M 6,6, jadi yang pertama terbaca M 6,7. Kemudian dengan lebih banyak data masuk terupdate M 6,6,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers, Jumat (14/1/2022).

Titik gempa berada pada koordinat 7.01 LS dan 105.26 BT dengan kedalaman 10Km.

“Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah barat daya Kota Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 km,” ucapnya.

Baca Juga  Tujuan Koperasi
Continue Reading

Trending