Guru menutup meteri tersebut

Guru menutup meteri tersebut

Kelebihan metode demonstrasi:

1)      Melalui metode demonstrasi terjadinya verbalisme akan dapat terhindari, sebab peserta didik disuruh langsung memperhatikan pelajaran yang dijelaskan.

2)      Perhatian peserta didik dapat dipusatkan kepada hal yang dianggap penting oleh pengajar sehingga peserta didik dapat menangkap hal-hal yang penting.

3)      Proses pembelajaran akan lebih menarik, sebab peserta didik tidak hanya mendengar, tetapi melihat hal yang dipraktakkan oleh pengajar.

Kekurangan metode demonstrasi

1)      Metode demonstrasi memerlukan persiapan yang lebih matang, sebab tanpa persiapan yang memadai demonstrasi bisa gagal sehingga dapat menyebabkan metode ini tidak efektif lagi. Bahkan sering terjadi untuk menghasilkan pertunjukkan suatu proses tertentu guru harus beberapa kali mencobanya terlebih dahulu sehingga dapat memakan waktu yang banyak.

2)      Demonstrasi memerlukan peralatan, bahan-bahan, dan tempat yang memadai yang berarti penggunaan metode ini memerlukan pembiayaan yang lebih mahal dibandingkan ceramah.

3)      Demonstrasi memerlukan kemampuan dan keterampilan guru yang khusus, sehingga guru dituntut untuk bekerja lebih professional. Disamping itu demonstrasi memerlukan kemauan dan motivasi guru yang bagus untuk keberhasilan proses pembelajaran peserta didik.[5]

baca juga :