Gepuk Klenteng vs Kacang Pukul

Gepuk Klenteng vs Kacang Pukul

Gepuk Klenteng vs Kacang PukulGepuk Klenteng vs Kacang Pukul

Apa sih yang menjadi daya tarik suatu daerah untuk dikunjungi?

Jawaban saya sih tak cukup satu. Sebab banyak hal yang menarik perhatian saya kala mengunjungi suatu daerah. Pertama tempat wisatanya yang menjadi icon daerah tersebut. Kedua makanan khasnya. Didalamnya termasuk juga oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Dan masih banyak kategori lainnya versi saya.

Berbicara tentang oleh-oleh, saya sangat menyukai makanan yang berbahan dasar kacang. Pokoknya kalau ada kacangnya suka sekali deh. Salah satu oleh-oleh yang sangat saya sukai adalah Gepuk klenteng. Ini oleh-oleh khas Salatiga.

Rupanya di daerah lain juga ada jajanan sejenis. Namanya kacang pukul. Ini jajanan khas Bagansiapiapi, Riau. Karena saya penyuka kacang maka berbinar-binarlah mata ini. Senang mendapatkan oleh-oleh dari sana yang bahan dasarnya dari kacang.

Bentuknya oval. Kacangnya dihaluskan. Sudah tidak berbentuk bulat-bulat lagi. Rasanya manis. Sama persis dengan rasa Gepuk Klenteng yang dari Salatiga itu. Hanya kemasannya yang berbeda.

Kacang Pukul khas Bagansiapiapi, Riau

Kalau Gepuk Klenteng merupakan jajanan khas Salatiga. Bahan dasarnya sama, dari kacang tanah dan gula. Bentuk kacangnya halus, karena sudah ditumbuk atau di gepuk. Kata gepuk yang berarti pukul dijadikan nama merk jajanan ini. Karena memang kacang yang dikemas berupa kacang yang sudah dihaluskan.

Gepuk Klenteng khas Salatiga

Rasanya juga sama. Bedanya, ada pada bentuk dan kemasannya. Bagi pencinta kacang, oleh-oleh ini bisa direkomendasikan loh!

Untuk harga, relatif ya? Kacang Pukul yang khas Bagansiapiapi, Riau sekitar Rp 27.000 per kemasan plastik isi 15-20 piece. Kalau untuk Gepuk Klenteng sekitar Rp 4.000 – Rp 18.000 per kemasan. Tetapi harga bisa berubah setiap saat. Setidaknya cukup terjangkaulah. Nah, apa nama jajanan sejenis ini kalau di daerah Anda? Silakan tulis di kolom komentar ya? Siapa tahu saya sedang jalan-jalan ke sana. Jadi tinggal sebut deh nama jajanan ini.

 

Baca juga:

  1. Bawang Goreng Palu yang Meruntuhkan Iman
  2. Joe’s Grill Burger Ternyata Kurang Nendang.
  3. Klasifikasi Koperasi
  4. Efisiensi Koperasi