Connect with us

Kuliner

Fungsi dan Bagian Toaster Berikut

Published

on

Fungsi dan Bagian Toaster Berikut

Fungsi dan Bagian Toaster – Alat elektronik masa kini semakin berkembang dan sudah banyak menawarkan kemudahan salah satunya dalam kegiatan memasak. Toaster, menjadi salah satu alat elektronik rumah tangga yang digemari dan sangat mudah digunakan.

Fungsi toaster sebagai pemanggang roti, menjadi andalan bagi pecinta roti panggang. Alat untuk memanggang roti ini juga memiliki beberapa fitur dan fungsi pada setiap bagian-bagian pentingnya.

Fungsi Dan Bagian Toaster

Oleh karena itu, simak fungsi toaster yang wajib diketahui para pemilik alat pemanggang roti berikut ini!

Tombol Start dan Pengangkat Roti

Seperti namanya, tombol ini digunakan untuk memulai memanggang roti. Tombol ini tentunya paling penting agar pemanggang roti dapat mulai bekerja dan mematangkan roti.

Pada toaster, terdapat juga tuas untuk mengangkat roti agar mengetahui tingkat kematangan yang diinginkan.

Jadi, saat memanggang roti dalam kondisi mesin menyala, kita bisa mengangkat roti untuk mengetahui apakah roti sudah selesai terpanggang sesuai keinginan atau belum.

Timer

Tentu fitur ini menjadi salah satu fitur yang sangat membantu. Dengan adanya timer, tingkat kematangan roti dapat disesuaikan lewat seberapa lama kita memanggang roti.

Tidak perlu menunggu di depan pemanggang roti, cukup mengatur waktunya, lalu dengan sendirinya toaster akan bekerja hingga roti matang.

Selain itu, dengan adanya fungsi ini, penggunaan daya listrik dapat diminimalisir sehingga bisa menghemat listrik. Ketika timer berfungsi, pemakaian listrik hanya dibutuhkan saat roti dipanggang hingga selesai.

Dengan begitu, tidak akan menjadi masalah juga jika mesin lupa dimatikan.

Baca Juga  Generasi Muda Yang Progresif

Thermostat Control

Ketika memanggang roti, suhu menjadi salah satu unsur penting untuk menentukan kematangan. Atur suhu terbaik agar roti tidak gosong dan mendapat tingkat kematangan yang pas.

Biasanya, pada pemanggang roti, pengontrol suhu dilakukan dengan memutar tombol suhu sesuai panas yang diinginkan.

Defrost

Tombol ini diciptakan untuk memanggang roti beku yang biasanya baru dikeluarkan dari freezer. Tetapi, tidak semua pemanggang roti memiliki fungsi ini.

Fitur ini memberikan kemudahan dan dapat menghemat waktu karena tidak perlu menunggu es pada roti lebur. Cukup menggunakan tombol ini dan roti panggang pun bisa langsung matang.

Lampu Indikator

Lampu indikator memegang peran penting untuk mengetahui apakah pemanggang roti bekerja atau tidak. Pasalnya, lampu ini akan memberitahu apakah mesin toaster sedang menyala atau mati, apakah dalam posisi memanggang atau standby.

Penting untuk mengetahui apakah aliran listrik masuk dalam rangkaian mesin sebagai penanda bekerjanya mesin pemanggang. Sehingga, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti lupa mematikan mesin.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kuliner

Resep Sempol Ayam, Sempol Ayam Crispy Dan Cara Buat Saus Sambal

Published

on

Resep Sempol Ayam, Sempol Ayam Crispy Dan Cara Buat Saus Sambal

Resep sempol ayam agar tidak alot dan tidak keras, alias sempol yang enak empuk, gurih dan anti gagal. Cara membuat sempol yang simple praktis dan sederhana, serta dilengkapi dengan variasi saos atau saus sambal ala rumahan yang segar asam pedas manis. Sempolan termasuk jajanan kuliner asli Malang yang biasanya berciri khas berbentuk lonjong dan ditusuk dengan lidi.

Sempol ayam juga merupakan jenis gorengan yang banyak dijual abang abang untuk jajanan anak sekolah maupun untuk jualan pinggir jalan. Karena kepopulerannya, tentunya bisa menjadi salah satu ide untuk usaha, yang biasa disajikan dengan celupan saos sambal maupun sambal kacang.

Sempolan bertekstur kenyal empuk karena terbuat dari tepung tapioka, bisa dicampur ikan maupun daging ayam untuk bikin sempol ayam seperti pada kali ini. Perbandingan antara tapioka dan ayam bisa disesuaikan, bisa gunakan sedikit ayam untuk yang ekonomis, namun semakin banyak perbandingan daging ayam yang digunakan tentunya akan semakin enak dan berasa gurih.

Sedangkan untuk sempol ayam crispy tinggal dibalut dengan tepung roti atau panir kasar sebelum digoreng.

Resep Sempol Ayam

Bahan sempol ayam :

  • 400 gram daging ayam fillet atau buang tulang, potong-potong sebelum digiling
  • 150 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 1 buah wortel, diserut
  • 7 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 sdm bawang merah goreng
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt lada/merica bubuk
  • ½ sdt kaldu bubuk/penyedap rasa
  • Pelapis : 1 butir telur (kocok lepas) dan secukupnya tepung roti/panir kasar

Bahan saus sambal :

  • 8 buah cabe keriting merah
  • 3 buah cabe merah besar
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay, iris dadu
  • 1 buah tomat
  • ½ buah air jeruk nipis
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambal
  • 1 sdm cabe bubuk (boncabe)
  • ½ sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 250 ml air atau dengan keenceran sesuai selera
Baca Juga  5 Fitur Windows 10 Tersembunyi Yang Layak Kamu Coba

Cara Membuat Sempol Ayam :

  1. Haluskan/giling daging ayam serta semua bahan bumbu sempol lainnya. Jika menggunakan chopper, masukkan potongan daging ayam dan semua bahan lainnya kecuali tepung, lalu giling hingga halus.
  2. Setelah halus, masukkan tepung kemudian aduk rata atau giling lagi dengan chopper agar mudah tercampur merata. Adonan sempol sudah siap untuk dibentuk.
  3. Ambil secukupnya adonan (ukuran sesuai selera) tuang pada satu telapak tangan, letakkan lidi atau tusuk sate di tengah adonan, kemudian sedikit kepal-kepal atau padat-padatkan adonan menggunakan jari-jari sehingga menempel di lidi dan berbentuk agak lonjong.
  4. Setiap selesai membentuk cemplungkan ke dalam panci berisi air secukupnya yang sudah mendidih, tunggu hingga mengapung dan matang lalu angkat dan tiriskan.
  5. Selanjutnya menggoreng sempol; celupkan sempol ke dalam kocokan telur (atau bisa juga sempol digoreng dahulu setengah matang). Setelah rata dengan telur, baru goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan, sedangkan untuk sempol ayam crispy gulingkan dahulu pada tepung roti, lalu goreng hingga matang merata.

Cara Membuat Saus Sambal :

  1. Agar saus sambal tidak beresiko beraroma langu atau bau cabe mentah, cabe dapat direbus atau digoreng dahulu hingga layu. Setelah itu haluskan bersama bawang putih dan tomat atau pakai blender bersama 150 ml air, sisihkan.
  2. Panaskan wajan, lalu tumis bawang bombay dengan sedikit minyak hingga harum. Masukkan bumbu halus beserta bahan dan bumbu lainnya, tambahkan 100 ml air atau dengan keenceran sesuai selera sambil sesuaikan rasanya, aduk rata.
  3. Sempol ayam sudah siap disajikan dengan cocolan saus sambal.

Continue Reading

Trending