Faktor Penyebab Konflik dan Tingkatannya

Faktor Penyebab Konflik dan Tingkatannya

Faktor Penyebab Konflik
Faktor Penyebab Konflik

Faktor Penyebab Konflik

Adapun faktor penyebab terjadinya konflik diantaranya:
Perbedaan Individu, yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan;
Perbedaan latar belakang Kebudayaan sehingga membentuk eksklusif yang berbeda pula. seseorang sedikit banyak akan terpengaruh dengan teladan pikir dan pendirian kelompoknya; Perbedaan kepentingan antara individu atau kelompok, diantaranya menyangkut bidang ekonomi, politik, dan sosial. Perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat.

Tingkatan Konflik

Adapun tingkatan konflik diantaranya:

1. Konflik Intrapersonal

yakni konflik internal yang terjadi dalam diri seseorang. Konflik intrapersonal ini akan terjadi ketika individu harus menentukan dua atau lebih tujuan yang saling bertentangan dan gundah mana yang harus dipilih untuk dikerjakan.

2. Konflik Interpersonal

yakni konflik yang terjadi antar individu. Konflik ini terjadi ketika adanya perbedaan mengenai warta tertentu, tindakan dan tujuan dimana hasil bersama sangat menentuan.

3. Konflik Intragrup

yakni konflik antara anggota dalam satu kelompok. Setiap kelompok sanggup mengalami konflik substantif atau efektif. Konflik substantif terjadi lantaran adanya latar belakang keahlian yang berbeda, ketika anggota dari sebuah komite menghasilkan kesimpulan yang berbeda atas data yang sama. Sedangkan konflik efektif ini terjadi lantaran tangapan emosional terhadap situasi tertentu.

3. Konflik Intergrup

yakni konflik yang terjadi antar kelompok. Konflik intergrup ini terjadi lantaran adanya saling ketergantungan, perbedaan persepsi, perbedaan tujuan, dan meningkatkatnya tuntutan keahlian.

4. Konflik Interorganisasi

adalah konflik yang terjadi antar organisasi. Konflik ini terjadi lantaran adanya saling ketergantungan satu sama lain. Konflik terjadi bergantung pada tindakan organisasi yang berdampak negatif terhadap organisasi lain.

5. Konflik Intraorganisasi

yakni konflik yang terjadi antar kepingan dalam suatu organisasi, mencakup: Konflik Vertikal yaitu konflik yang terjadi antara pimpinan dan bawahan yang tidak sependapat perihal cara terbaik untuk menuntaskan sesuatu. Konflik Horizontal yaitu konflik yang terjadi antar karyawan atau departemen yang mempunyai hierarkhi yang sama dalam organisasi.
Konflik Lini-Staf yaitu konflik yang sering terjadi lantaran adanya perbedaan persepsi perihal keterlibatan staf dalam proses pengambilan keputusan oleh manajer lini.
Konflik Peran yaitu konflik yang terjadi lantaran seseorang mempunyai lebih dari satu peran.

Sumber: https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/06/unsur-unsur-seni-rupa-dan-penjelasannya.html