Elemen – Elemen Bisnis

Elemen - Elemen Bisnis

Elemen – Elemen Bisnis

Elemen - Elemen Bisnis

Elemen – elemen bisnis terbagi menjadi empat, yaitu :

  1. Modal ( Capital )

Sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis yaitu transaksi.

  1. Bahan-bahan ( Materials )

Factor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

  1. Sumber Daya Manusia ( SDM )

Kualifikasi SDM yakni memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.

  1. Keterampilan Manajemen ( Management Skill )

Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.

2.6 Aspek Bisnis

Aspek bisnis terbagi menjadi empat yaitu:

  1. Kegiatan individu dan kelompok
  2. Penciptaan nilai
  3. Penciptaan barang dan jasa
  4. Keuntungan melalui transaksi

2.7  Faktor yang Mempengaruhi Bisnis

Terdapat tiga faktor yang menentukkan iklim bisnis, diantaranya :

  1. Investasi

Penggunaan sumber-sumber untuk menciptakan modal baru.

  1. Tabungan

Jumlah yang diputuskan oleh para pekerja untuk ditabung akan menentukan kuat lemahnya multiplier tersebut. Semakin banyak tabungan berarti semakin sedikit pengeluaran dan semakin lemah multiplier tersebut.


  1. Pemerintah

Pemerintah berperan sebagai pengelola sistem bisnis. Pemerintah memiliki dua kebijaksanaan yang dapat mempengaruhi bisnis, yaitu :

  1. Kebijaksanaan Fiskal

Kebijaksanaan yang digunakan umtuk mempengaruhi permintaan dengan meningkatkan pajak (mengurangi permintaan) atau meningkatkan pengeluaran pemerintah (meningkatkan permintaan)

  1. Kebijaksanaan Moneter

Kebijaksanaan yang berkaitan dengan pengelolaan supply (penawaran) uang untuk meningkatkan atau menurunkan permintaan.

2.8 Analisis Bisnis

       Dalam kehidupan sehahri – hari, banyak hal yang kita lakukan sebagai manusia merupakan bisnis. Meskipun kadang bisnis tersebut disebut dengan bisnis kecil. Seperti pada pengalaman yang penulis lakukan dalam kehidupan penulis sendiri. Penulis belajar berbisnis dimulai sejak berada di Sekolah Dasar (SD), saat itu penulis berjualan pensil kepada teman – teman penulis dengan sistem memasarkan langsung kepada teman – teman penulis dengan menuturkan secara lengkap dan jelas tentang pensil yang penulis jual. Meskipun memang keuntungan yang didapat sangatlah kecil, tapi penulis tetap giat berjualan. Namun dengan berjalannya waktu, kegiatan berjualan pensil tersebut sudah penulis berhentikan karena penulis sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar.

        Kemudian, saat penulis memasuki Sekolah Menengah Pertama (SMP) kegiatan berbisnis dimulai lagi saat menjelang hari Valentine pada 14 Februari. Pnulis sudah memasarkan dan menawarkan coklat semenjak awal Februari dengan cara penulis susun daftar harga beserta contoh foto coklat itu sendiri. Harga mulai dari RP 6000 – 45000 rupiah. Laba yang penulis raih lebih besar dibandingkan saat berjualan pensil saat Sekolah Dasar. Kegiatan bisnis ini, penulis lakukan saat menjelang hari Valentine saja karena penulis tidak mau konsentrasi penulis terbagi dengan berbisnis di sekolah.

Sumber :

https://callcenters.id/