Disdik Imbau Setiap Sekolah Gunakan DAK Sesuai Aturan

Disdik Imbau Setiap Sekolah Gunakan DAK Sesuai Aturan

Disdik Imbau Setiap Sekolah Gunakan DAK Sesuai Aturan

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon mengimbau setiap sekolah yang mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK), agar menggunakannya sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku.

Kadisdik Kabupaten Cirebon, H. Asdullah Anwar mengatakan, untuk setiap

sekolah yang melaksanakan proyek pengerjaan, agar tidak bermain-main dengan anggaran‎ untuk keperluan proses renovasi atau pembangunan, dan harus menggunakannya sesuai dengan aturan.

“Pasalnya selain berpengaruh kepada kualitas kontruksi bangunan, pihak sekolah sekolah yang terbukti melakukan penyimpanan pun akan berhadapan dengan hukum dengan ancaman kurungan penjara,” terangnya.

Ia juga menyampaikan, kepada sekolah yang menerima DAK, diminta untuk tidak takut dalam melaksanakan program, jika semuanya berjalan sesuai aturan dan mekanisme yang ada.

“Sebenarnya dalam pemeliharaan ruang kelas bisa dilakukan melalui BOS.

Jangan sampai menunggu rusak berat yang berdampak bisa membahayakan bagi semua pihak, seperti yang sudah-sudah,” jelasnya.

Masih menurutnya,‎ pencairan DAK saat ini sudah memasuki tahap akhir pencairan, hampir 70 persen telah terserap baik pada termin pertama dan kedua. Kemudian, sisa DAK pun akan kembali dicarikan pada termin ketiga yang diperkirakan akan turun pada awal Desember 2019.

“Jangan hanya semangat mengajukan dan menerima anggaran, tetapi harus melaporkan pertanggung jawabannya yang sudah dikerjakan,” katanya, Selasa (12/11/19).

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon, mengatakan telah melayangkan

surat kepada 885 kepala sekolah dasar di Kabupaten Cirebon. Dalam surat tersebut diminta kepada seluruh pihak sekolah untuk melaporkan bila ada ruang kelas yang rusak dan diminta meninggalkan bila dalam kondisi rusak berat.

 

Sumber :

https://www.belajarbahasainggrisku.id/