Direct Cost Pricing

Direct Cost PricingDirect Cost Pricing

Perusahaan-perusahaan yang menjul produknya di pasar yangb persaingannya tajam (persaingam sempurna) mendasarkan harga jual dengan memperhitungkan semua biaya (full cost) yaitu baik biaya variabel maupun biaya tetap seringkali kurang tepat. Harga jual dengan mendasarkan pada full cost akan kaku dan mungkin malah tidak laku produknya, dalam keadaan demikian perusahaan sebaiknya hanya memperhitungkan biaya variabel saja, tetapi bagaimanapun untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan semua biaya harus tercover (tertutup) untuk itu umumnya metode ini diterapkan pada produk yang diprodusir tetapi melibihi daya serap pasar ( produk dari kapasitas yang menganggur) yang kemudian produk ini dipasarkan dipasar yang berbeda, dengan catatan itu tidak merusak pasaran produk dipasaran bebas.

Secara simple dapat dijabarkan dalam formula sebagai berikut:

( biaya produksi variabel + biaya lain-lain variabel ) +   (%yang diinginkan x dasar penentuan harga)

 

Gross Margin Pricing