Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Ciri Struktur Lapisan Lapisan Atmosfer

Struktur Lapisan Atmosfer

Ciri Struktur Lapisan Lapisan Atmosfer – Apa yang kita pahami mengenai atmosfer? Pada waktu sekolah dahulu, kita memperoleh pelajaran jika atmosfer merupakan sebuah susunan gas atau udara yang melingkari sebuah planet terhitung planet Bumi.

Susunan atmosfer ini menyelimutinya bumi dari permukaan planet Bumi sampai jauh keluar angkasa. Ini dikarenakan oleh lapisan atmosfer mempunyai lapisan gas yang lain dan mempunyai jarak atau besar yang lain untuk tiap susunan itu.

Lapisan atmosfer yang menyelimutinya bumi ini akan bergerak mengikut putaran bumi pada perputarannya dan turut juga saat bumi lakukan gerak revolusinya melingkari matahari. Susunan atmosfer itu sebagai kombinasi udara, gas, debu, dan uap air.

Manfaat Atmosfer Bagi Bumi

manfaat Atmosfer bagi Bumi

Atmosfer ialah perlindungan bumi dari pukulan beberapa benda langit seperti meteor atau asteroid. Atmosfer yang melingkari bumi benar-benar bermanfaat dalam menolong jaga kestabilan temperatur udara siang dan malam.

Atmosfer bermanfaat untuk meresap radiasi dan cahaya ultraviolet yang dari cahaya matahari yang paling beresiko untuk manusia dan untuk makhluk hidup yang berada di bumi.

Atmosfer ini membuat cuaca berbentuk hujan, panas, dingin, salju hingga terjadi dua musim di Indonesia dan ada pula empat musim pada bagian belahan bumi lainnya.

Ciri Ciri Atmosfer

Dalam mempelajari mengenai atmosfer, kita dapat mengetahui beberapa ciri atmosfer.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.
  1. Atmosfer berupa selubung udara yang menyelimuti semua permukaan bumi sampai ruangan angkasa bumi terbagi dalam elemen gas, debu, dan uap air.
  2. Atmosfer terdiri dari beberapa susunan yang mempunyai watak dan peranan yang lain pada setiap lapisannya.
    Atmosfer mulai menyelimutinya bumi mulai di ketinggian 0 km dari permukaan bumi sampai lima ratus enam puluh km di atas permukaan bumi.

Lapisan-lapisan Atmosfer

Lapisan Lapisan Atmosfer

Lalu apa saja yang menjadi bagian dari lapisan lapisan atmosfer? Berikut ulasannya:

Troposfer

Troposfer ialah susunan atmosfer yang paling rendah dan terdekat dengan permukaan bumi. Troposfer ini ada di ketinggian 0 sampai delapan belas km dari permukaan bumi. Dalam susunan troposfer berikut kita dapat rasakan pengubahan cuaca yang terjadi setiap hari seperti penekanan angin, kelembapan udara, hujan, dan panas.

Tebal susunan troposfer ini lebih kurang seputar sepuluh km. Susunan antara troposfer dan stratosfer ialah susunan yang dikenali dengan tropopause sebagai batasan di antara susunan troposfer dan stratosfer.

Pada susunan troposfer berikut manusia dan bermacam makhluk di bumi bisa bernapas dengan bebas karena susunan Troposfer ini memiliki kandungan oksigen. Disamping itu, susunan atmosfer yang ini juga yang memiliki kandungan banyak uap air dan karbon dioksida yang terbanyak dibanding dengan susunan atmosfer yang lain.

Stratosfer

Stratosfer ialah susunan ke-2 yang ada pada atmosfer bumi. Stratosfer berada di ketinggian di antara delapan belas sampai empat puluh sembilan km dari permukaan bumi. Susunan pada susunan stratosfer ini kurang padat bila dibanding dengan susunan atmosfer yang lain.

Dalam susunan stratosfer berikut ada susunan ozon yang bermanfaat untuk meresap atau kurangi radiasi cahaya ultraviolet. Dengan rusaknya susunan ozon dalam susunan stratosfer ini karena kerusakan alam dan pencemaran karena itu radiasi sinarultra violet dari matahari akan memberikan ancaman kehidupan manusia dan makhluk hidup yang berada di bumi.

Dalam susunan stratosfer ini tidak ada uap air atau uap airnya amat sedikit, awan, dan debu atmosfer. Susunan ini mempunyai temperatur yang lebih dingin juga karena ada susunan ozon.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Mesosfer

Mesosfer ialah susunan atmosfer yang ke-3 yang mempunyai ketinggian di antara empat puluh sembilan sampai delapan puluh 2 km dari permukaan bumi. Temperatur paling rendah seputar -143 derajat celcius bisa kita dapatkan pada susunan atmosfer yang ini.

Di saat temperatur paling rendah itu terjadi di susunan atmosfer ini maka terjadi awan noctilucent (terbentuk dari kristal es). Susunan mesosfer ini ialah susunan sebagai “tameng” bumi dari beberapa benda angka yang berjatuhan seperti meteor dan beberapa benda angkasa yang lain.

Pada pucuk mesosfer temperatur udara dapat capai -1.000 derajat celcius. Mesosfer mempunyai susunan ion atau udara yang bermuatan listrik dan disebutkan susunan D. Atom-atom yang ada pada susunan atmosfer yang ini akan terionisasi dan sanggup pancarkan gelombang radio pendek.

Termosfer

Susunan atmosfer yang selanjutnya ialah susunan termosfer. Susunan ini dinamakan susunan termosfer karena alami kenaikan suhu yang tinggi sekali pada susunan itu. Pengubahan suhu ini karena susunan ini meresap radiasi cahaya ultraviolet dalam skala besar dan langsung.

Radiasi cahaya ultraviolet itu menyebabkan reaksi kimia yang hasilkan susunan bermuatan listrik dan biasa disebutkan ionosfer (sanggup memantulkan gelombang radio). Saat sebelum ada tehnologi satelit karena itu susunan ionesfer berikut yang menolong untuk pancarkan gelombang radio dalam jarak yang jauh. Susunan termosfer ini berada pada ketinggian delapan puluh dua sampai delapan ratus km dari permukaan bumi.

Ionosfer

Ionosfer ialah susunan atmosfer yang terbentuk karena ada reaksi kimia yang ada karena peresapan radiasi cahaya ultraviolet. Susunan ionosfer ini juga terhitung susunan perlindungan bumi dari serangan meteor yang mengarah ke arah bumi karena style ambil gravitasi bumi.

Pada susunan ionosfer berikut meteor yang berkenaan atmosfer langsung terbakar lalu tergerai jadi pecahan yang lebih kecil. Saat pecahan itu jatuh ke bumi tidak mencelakakan untuk makhluk hidup di bumi.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Eksosfer

Susunan dari lapisan atmosfer yang paling akhir dari susunan atmosfer bumi ini ialah susunan eksosfer. Susunan ini ialah susunan paling luar yang mempunyai ketinggian di antara delapan ratus sampai seribu km di permukaan bumi. Susunan eksosfer ini sebagai susunan yang terpanas karena susunan ini mencerminkan sinar matahari yang dipantulkan oleh partikel dan debu meteorit. Sinar matahari yang dipantulkan oleh susunan eksosfer ini disebutkan sinar zodiakal.

Susunan eksosfer ini sebagai ruangan antarplanet dan geostasioner dan sebagai susunan yang paling beresiko karena sebagai termpat berlangsungnya keruntuhan meteor yang tiba di luar angkasa.

Susunan eksosfer yang disebut susunan atmosfer paling luar yang melingkari bumi ini menghampar dengan demikian luas di luar angkasa dan bersatu dengan radiasi matahari yang menyebar di luar angkasa. Susunan eksosfer ini tersusun dari gas hidrogen sebagai gas penyusun intinya.

Fenomena Matahari Kembar Karena Optis Atmosfer

Fenomena Matahari Kembar

Pernah dengar sekitar berlangsungnya matahari kembar? Sesungguhnya saat peristiwa itu terjadi, bukan memiliki arti mataharinya jadi sejumlah lebih satu dan kembar. Tetapi, peristiwa itu terjadi karena ada optis atmosfer.

Sama dengan berlangsungnya pelangi yang disebabkan beberapa titik dari air hujan yang bisa membiaskan sinar matahari hingga nampaklah pelangi. Demikian pulalah yang terjadi dengan peristiwa matahari kembar ini. Matahari kembar atau yang dikenali dengan istilah sun dog umumnya ada saat status matahari ada seputar dua derajat dari pemerhati. Umumnya urutan ke-2 derajat dari pemerhati ini terjadi saat status matahari keluar atau status matahari tenggelam.

Awalannya, secercah sinar matahari yang sedikit sirna akan kelihatan pada bagian atas saat matahari berada di pojok tinggi. Lantas, saat matahari berada di pojok paling rendah, secercah sinar itu lama-lama bisa menjadi kelihatan konsentrasi dan makin jelas. Pada akhirnya sinar berikut yang seperti terlihat matahari yang memisah diri hingga di samping kiri dan kanan matahari itu seakan-akan ada dua matahari.

Peristiwa matahari karena optis atmosfer ini jarang-jarang sekali kita rasakan karena pada saat matahari keluar atau terbenam, kerap kali langit tertutup awan hingga peristiwa ini tidak kelihatan secara jelas.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

Jangan Terlewatkan

Advertisement