Connect with us

Hi, what are you looking for?

Business

Ciri Ciri Ikan Gurame Layak Jadi Indukan

Ciri Ciri Ikan Gurame Layak Jadi Indukan

Kamu sedang belajar budidaya ikan gurame? masih kebingungan untuk mencari indukan gurame yang baik? Lantas bagaimana ciri ciri ikan gurame layak jadi indukan?

Usaha ikan gurame menjadi peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Karena pangsa pasar ikan gurame tergolong stabil. Budidaya ikan gurame pun cocok bagi anda yang ingin memulai bisnis dalam dunia ikan.

Kemudian terdapat ciri ciri ikan gurame yang bisa menjadi tanda bahwa ikan gurame tersebut cocok untuk di jadikan indukan.

Ciri Ciri Ikan Gurame Layak Jadi Indukan

Apabila anda masih kesulitan untuk mencari indukan ikan gurame yang baik. Berikut beberapa ciri indukan ikan gurame berkualitas:

  • Memiliki umur antara 2-5 tahun.
  • Bertumbuh dengan cepat.
  • Bentuk badan normal yaitu perbandingan panjang dan berat badan.
  • Ukuran kepala relatif kecil
  • Susunan sisik teratur, licin, berwarna cerah dan mengkilap serta tidak luka.
  • Gerakannya lincah.
  • Bentuk bibir indah seperti pisang, bermulut kecil dan tidak berjanggut.
  • Ada beberapa ciri-ciri yang dapat digunakan untuk membedakan antara induk ikan gurami jantan dan betina.

Membedakan Indukan Gurame Jantan dan Betina

Terkadang bagi pemula atau orang awam, cukup kesulitan untuk membedakan ikan gurame dan betina. Untuk mengetahuinya, berikut ciri-ciri ikan gurame jantan dan betina.

Ciri Ikan Gurame Betina

  • Dasar sirip dada terang gelap kehitaman.
  • Dagu putih kecoklatan.
  • Dahi meninjol.
  • Jika diletakkan pada tempat datar ekor hanya bergerak-gerak.
  • Jika perut distriping tidak mengeluarkan cairan.

Ciri Gurame Jantan

  • Dasar sirip dada terang keputihan.
  • Dagu kuning.
  • Dahi menonjol.
  • Jika diletakkan di tempat datar ekornya akan naik.
  • Jika perut distriping mengeluarkan cairan sperma berwarna putih.

Memelihara Indukan Gurame

Setelah memilih indukan gurame (sekitar 20-30 ekor untuk kolam 10 m2) yang di simpan pada kolam penyimpanan. Selanjutnya pemberian pakan selama ikan gurame berada dalam kolam penampungan.

Usahakan indukan gurame memiliki berat diantara 2-3 kg dengan pemberian pakan berupa daun-daunan sekitar 1/3 kg setiap hari. Pemberian pakan dilakukan secara konsisten, baik itu pagi hari maupun sore hari.

Dedak bisa juga diberikan sebagai makanan tambahan ikan gurame. Dengan takaran pemberian dedak di berikan sekitar seminggu 2 kali, dengan porsi kurang lebih 3/4 kilo setiap kali.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pembenihan Dan Pemijahan

Setelah proses mencari indukan gurame berkualitas, saatnya untuk pematangan gonada ikan gurame. Gonada bisa disebut kandungan telur dan sperma pada ikan. Setelah itu indukan gurame bisa dipindahkan ke kolam pemijahan.

Kemudian bagaimana cara pemijahan ikan gurame, berikut langkah-langkah memijahkan ikan gurame.

  1. Kolam dikeringkan terlebih dahulu selama 5 hari, perbaiki tanggul & dasar kolam.
  2. Lakukan pengapuran & pemupukan. Pemupukan dasar dengan pupuk kandang dosis 7,5 kg/100 meter persegi & biarkan selama 3 hari.
  3. Tanami dasar kolam dengan tanaman ganggang buntut anjng
  4. Isikan air yg telah dicampur dengan pupuk buatan TSP sebantak 500 gram/100 meter persegi, biarkan selama 1 minggu kemudian isikan air hingga kedalaman 75 cm.

Untuk kolam seluas 100 meter persegi bisa disebar induk sebanyak 30 ekor betina & 10 ekor jantan. Setelah pemijahan berlangsung, 1-2 hari induk betina akan melepaskan telur-telurnya ke dlm sarang yang kemudian disemproti sperma oleh si jantan sehingga terjadi pembuahan sel telur. 20-30 hari kemudian, induk-induk yg terpelihara baik akan berpijah lagi & beberapa hari kemudian telur akan menetas.

Itulah artikel tentang ciri ciri ikan gurame yang layak jadi indukan. Semoga dengan artikel ini, bisa membantu anda yang sedang budidaya ikan. Simak juga artikel kami sebelumnya, mengenai budidaya ikan lele pada lahan sempit yang mungkin bisa menambah wawawan anda dalam budidaya ikan.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

You May Also Like

Business

Cara Menetaskan Telur Ikan Koi Dengan Mudah – Salah satu ide usaha yang bisa bertahan lama salah satunya yaitu budidaya ikan. Budidaya ikan koi...

Business

Sekarang tanaman porang mulai diminati oleh banyak petani karena komoditas baru ini tergolong mahal. Lalu bagaimana cara budidaya tanaman porang? Jenisnya apa saja? Serta...

Hobi

Mungkin tulisan ini bisa dikatakan sedikit usang, karena akan membahas definisi blog beserta manfaatnya. Tapi walaupun begitu, semoga tulisan ini bisa membantu bagi anda...

Business

Harga Dan Spesifikasi Lengkap, Makin Gahar!, Realme hari ini direncanakan melaunching hp terbaru yaitu Realme 8 dan Realme 8 Pro, Senin (29/3/2021). Realme menyebutnya...

Advertisement