Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kesehatan

Cara Mengatasi Mimisan Pada Hidung Dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Mimisan Pada Hidung Dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Mimisan Pada Hidung Dan Penyebabnya – Kejadian seperti ini mungkin sudah sangat akrab di telinga Anda. Ya, memang mimisan atau juga sering disebut dengan epistaksin merupakan pendarahan yang keluar dari hidung.

Pendarahan tersebut terjadi karena lepasnya mukosa yang memilki kandungan pembuluh darah kecil pada rongga hidung. Mimisan sering terjadi pada orang dewasa, anak-anak bahkan balita.

Bahaya dan tidaknya mimisan bergantung pada penyebabnya. Bila mimisan terjadi karena terbenturnya hidung atau karena perubahan cuaca maka hal seperti ini tidak terlalu membahayakan.

Tetapi jika terjadi dikarenakan mengidap demam berdarah, maka hal tersebut dapat dikatakan sangat fatal. Sebab, bisa saja itu merupakan pertanda demam berdarah sudah memasuki stadium yang sangat berat.

Penyebab Mimisan Pada Hidung

Nah, untuk mengetahui lebih banyak tentang penyebab mimisan dan cara mengatasinya, kali ini wikicek akan membagikan informasi yang sangat menarik seputar mimisan, berikut ulasannya:

Perubahan Suhu Udara

Penyebab mimisan yang pertama yaitu karena adanya perubahan suhu udara. Prinsipnya hampir sama dengan infeksi, cuaca yang dingin bisa menyebabkan kita terkena flu.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pada cuaca seperti ini umumnya pembuluh hidung mengalami penipisan dan pelebaran dan pada saat di sentuh pembuluh ini sangat mudah pecah sehingga menyebabkan darah banyak yang keluar.

Demikian juga ketika cuaca panas, ketika cuaca panas, kelembapan hidung pun akan berkurang menyebabkan bagian strum mengering serta mengalami iritasi sehingga terjadi mimisan.

Kelainan Pada Pembuluh Darah Lokal

Penyebab mimisan yang selanjutnya yaitu kelainan pada pembuluh darah local. Kelainan ini bisa jadi karena pembuluh darah mengalami penipisan sehingga sangat mudah pecah serta mengeluarkan darah dari hidung.

Tumor

Penyebab mimisan berikutnya adalah karena tumor. Tumor dapat terjadi dimana saja termasuk di dalam rongga hidung.

Tumor ini umumnya ditemukan pada anak-anak atau orang dewasa muda dan sering terlihat seperti benjolan sebesar biji  nangka yang berwarna keputihan di hidung. Ketika tumor ini mengalami masa transisi seringkali ia mengeluarkan darah yang cukup banyak.

Demam Berdarah

Penyebab mimisan yang terakhir yaitu kerena demam berdarah. Dalam kasus ini mimisan yang terjadi saat masih dalam keadaan mengidap demam berdarah termasuk tanda yang perlu diwaspadai.

Sebab pada keadaan seperti ini tubuh berada pada kondisi yang sangat berbahaya. Karena mimisan ini memberikan tanda kepada penderita bahwa demam berdarah yang dialami sudah tergolong parah.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Oleh karena itu hal ini perlu diwaspadai, dan jika hal seperti ini terjadi, maka sebaiknya Anda mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Cara Mengatasi Mimisan Dengan Baik Dan Benar

  1. Dudukkan si penderita, dengan tujuan agar agar hidungnya lebih tinggi dari jantung.
  2. Bungkukkan badannya ke arah depan, kemudian perintahkan supaya bernapas lewat mulut.
  3. Tekan cuping hidung menggunakan inu jari dengan perlahan-lahan selama kurang lebih 5 menit.
  4. Berikan kompres pada hidung supaya aliran darah yang ke hidung berkurang.
  5. Bersihkan sisa-sisa darah yang beku dari hidung korban.
  6. Ulangi kembali langkah yang ketiga sampai darah benar-benar telah berhenti.
  7. Pabila penderita terus mengalami pendarahan, ada baiknya penderita secepatnya dibawa ke rumah sakit terdekat untuk memperoleh pertolongan yang lebih lanjut.

Demikian sekilas informasi tentang cara mengatasi mimisan dan penyebabnya. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kita semua. Salam sehat!!

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

You May Also Like

Business

Cara Menetaskan Telur Ikan Koi Dengan Mudah – Salah satu ide usaha yang bisa bertahan lama salah satunya yaitu budidaya ikan. Budidaya ikan koi...

Uncategorized

Precios y especificaciones completas, ¡más Gahar !, hoy está previsto que Realme lance los últimos teléfonos móviles, a saber, Realme 8 y Realme 8...

Business

Harga Dan Spesifikasi Lengkap, Makin Gahar!, Realme hari ini direncanakan melaunching hp terbaru yaitu Realme 8 dan Realme 8 Pro, Senin (29/3/2021). Realme menyebutnya...

Business

Sekarang tanaman porang mulai diminati oleh banyak petani karena komoditas baru ini tergolong mahal. Lalu bagaimana cara budidaya tanaman porang? Jenisnya apa saja? Serta...

Advertisement