Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Tanah Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Tanah Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Tanah Untuk Pemula
Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Tanah Untuk Pemula
Cara budidaya ikan nila di kolam tanah adalah satu diantara kesempatan usaha yang demikian menjanjikan. Dengan berbudidaya ini , kita bakal memperoleh banyak keuntungan dikarenakan ikan itu termasuk banyak diminati orang-orang Indonesia. Ikan nila termasuk ikan yang banyak ikonsumsi habitatnya didalam air tawar. Ikan nila juga termasuk gampang untuk dikembangbiakkan , juga demikian gampang untuk di pasarkan karena ikan itu termasuk banyak dikonsumsi oleh orang-orang kita. Lewat tehnik cara budidaya ikan nila di kolam tanah begitu gampang dan pemasarannya juga termasuk luas , budi daya juga dapat dikerjakan dari mulai taraf kecil sampai taraf besar.

Pemilihan Lokasi Budidaya

Cara budidaya ikan nila di kolam tanah , Anda dapat mengerjakannya baik di dataran rendah sampai dataran agak tinggi dengan ketinggian kurang lebih 500 mtr. diatas permukaan laut. Ikan nila ini bisa tumbuh serta berkembang dengan baik pada air yg tidak begitu keruh , serta tentu juga tidak tercemar oleh beberapa zat kimia beresiko seperti limbah atau minyak. Mengenai kedalaman air untuk mengembangbiakkan nila minimum lebih kurang 5 meter pada dasar kolam saat surut terendah dengan kemampuan arus kurang lebih 20-40 cm/detik. Tingkat keasaman (PH) air diperlukan seputar 6 , 5 sampai 8 , 6 dengan suhu air kurang lebih 25 sampai 30 derajat celcius. Dalam cara cara budidaya ikan nila di kolam tanah pasti membutuhkan kriteria khusus.
Kriteria Kolam Baik Untuk Budidaya
Kriteria Lokasi Budidaya
Apapun kriteria tempat untuk pembudidayaan di ruang kolam tanah. cara budidaya di kolam tanah membutuhkan kriteria tempat seperti dibawah ini :
  • Tingkat kemiringan tanah untuk pembentukan kolam tanah baik , yakni seputar 3 hingga 5 persen supaya memudahkan pengairan berdasar pada gaya gravitasi.
  • Tanah pada kolam pemeliharaan sesuai sama kualifikasi yakni type tanah lembung dan tak mempunyai poros. Tipe tanah ini dapat menahan berat air demikian besar supaya tidak bocor dan dapat di buat dinding kolam.
  • Debet air pada kolam air tenang dengan 8-15 liter per detik.
  • Kwalitas dari air untuk digunakan pembiakan ikan nila baiknya tidak terlampau keruh , mesti bersih dan tidak tercemar dengan beberapa zat kimia beracun. Tingkat kecerahan pada air sendiri seputar 20-30 cm. Air dengan kandungan plankton tinggi berwarna hijau kecoklatan dan hijau kekuningan dengan kandungan Diatomae.
umpan ikan bawal – Untuk sediakan kolam tanah itu , baiknya disediakan 2 minggu saat sebelum akan dipakai. Umumnya dasar kolam mesti dikeringkan lantas dijemur sampai beberapa waktu , kerjakan pembersihan dan ratakan tanahnya. Bila telah siap , cara budidaya ikan nila di kolam tanah selanjutnya yaitu dengan isi air dengan awal kedalaman 5-10 cm. Lalu biarlah sepanjang 2 hingga 3 harian agar berlangsung mineralisasi dari tanah dasar ada pada kolam. Lalu kamu tambahkan kembali air sampai kedalaman 75 hingga 100 cm. Setelah itu , kolam siap ditebari oleh bibir ikan nila sesuai sama hasil pendederan jika fitoplankton telah tampak tumbuh baik.

System Pemeliharaan Budidaya

Untuk sistim pemeliharaan dengan tehnologi maju dengan cara intensif , maka pengembangbiakan juga dapat dikerjakan pada tambak air payau maupun kolam dengan sistim pengairan berkwalitas. Pergantian air dapat dikerjakan berkala berdasar pada tingkat kepadatan dari ikan nila. Sesaat , volume air dapat ditukar sepanjang setiap hari sampai sebesar 20% atau lebih. Untuk usaha intensif , benih ikan nila bakal dibudidayakan mesti berkelamin jantan saja maupun tunggal kelamin. Pada cara budidaya ikan nila di kolam tanah , pemberian ikan mesti berkwalitas dengan saat makan mesti habis sepanjang 5 menit saja.