Connect with us

Hi, what are you looking for?

Business

Budidaya Tanaman Porang, Manfaat, Jenis, Harga Dan Cara Menanamnya

Budidaya Tanaman Porang

Sekarang tanaman porang mulai diminati oleh banyak petani karena komoditas baru ini tergolong mahal. Lalu bagaimana cara budidaya tanaman porang? Jenisnya apa saja? Serta apa saja manfaatnya?

Apabila anda memilki lahan yang produktif, menaman porang bisa menjadi ide usaha baru bagi anda. Karena tanaman porang ini bisa mendapatkan omzet miliaran rupiah. Tertarik bukan?

Tanaman ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Bahkan, porang juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, dan bahan baku indsutri.

Maka tidak heran, banyak yang beralih menjadi petani porang, karena memang prospeknya yang menjanjikan. Kalau masih bingung tentang cara menanam porang, berikut kami sajikan ulasannya.

Syarat Budidaya Tanaman Porang

Tanaman Porang

Untuk budidaya tanaman porang, sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja anda harus mengetahui seberapa bagus unsur tanah yang akan ditanami porang. Berikut beberapa syarat cara menanam porang:

Perhatikan Unsur Tanah

Untuk menanam tanaman porang sebaiknya tanah harus gembur, tidak terlalu banyak mengandung air, serta memiliki 6 sampai 7 keasaman tanah. Tanah berpasir dan terbebas dari gulma sangatlah dianjurkan untuk penanam porang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Perhatikan Iklim

Untuk budidaya tanaman porang, sebaiknya berada pada dataran tinggi sekitar 100-600 mdpl. Selain itu, usahakan jangan terlalu panas, sehingga cahaya matahari nantinya tidak terlalu panas.

Maka, tanaman porang sangat cocok ditanam di daerah pegunungan dengan iklim suhu sedang, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

Perhatikan Lingkungan

Kebanyakan penanam porang, satu hamparan hanya pohon porang saja. Padahal porang itu sendiri memerlukan tanaman lain yang akan dijadikan sebagai inangnya.

Maka, alangkah baiknya harus ada pohon lain seperti jahe,pisang, jati, mahoni dan lainnya. Gunanya yaitu untuk menaungi pohon porang itu sendiri.

Cara Menanam Pohon Porang

Porang Ileus

Apabila anda sudah mengetahui beberapa syarat diatas, maka langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan lahan untuk tanaman porang. Setelah lahan siap, berikut beberapa langkah cara menanam tanaman porang.

  1. Siapkan turus/tajir dari batang bambu kurang lebih 1 meter
  2. Atur jarak antar turus/ajir 1 m x 1m khusus bagi katak porang dan bibit umbi
  3. Kemudian buat lubang dengan ukuran 20cm x 20cm x 20cm. Atau sesuaikan dengan kubutuhan
  4. Beri pupuk dasar pada lubang galian
  5. Setelah itu tanam bibit porang kedalam lubang, dengan tunas keatas
  6. Tutup lubang dengan ketebalan tanah sekitar 3cm

Yang perlu diingat, apabila anda memakai katak porang sebagai bibitnya, pastikan mata tunas tetap menghadap keatas agar porang bisa bertumbuh dengan baik.

Apabila menggunakan bibit dari umbi, anda tidak perlu repot-repot menemukan bakal tunasnya. Akan tetapi, apabila menggunakan bibit porang dari biji, anda harus meletakannya secara hati-hati.

Jangan lupa, sebelum bibit tanaman porang ditanam agar memasukan pupuk dasar terlebih dahulu. pupuk bokashi yang dicampur dengan top soil sebanyak setengah kilo per lubang. Sedangkan untuk bibit katak, pupuk bokashi dicampur pada tanah sekitar ajir.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Jenis Tanaman Porang

Ileus Porang

Apabila melihat dari spesies dari tanaman porang, sebenarnya porang memiliki 7 jenis. Diantaranya yaitu

  • Amorphopallus Oncophyllus.
  • Amorphopallus Campanulatus.
  • Amorphopallus Variabilis.
  • Amorphopallus Decus Silvae.
  • Amorphopallus Spectabilis.
  • Amorphopallus Titanium.
  • Amorphopallus Muelleri.

Jenis pertama, kedua dan ketiga adalah jenis porang yang sering digunakan untuk bahan baku makanan. Sedangkan yang lainnya sering digunakan untuk komoditas ekspor.

Manfaat Tanaman Porang

Manfaat POrang

Pada dasarnya porang  termasuk jenis umbi-umbian dalam spesies Amorphophallus muelleri blume. Tanaman Porang ini banyak ditemukan di Pulau Jawa, karena tekstur tanah dan iklim di wilayah Jawa sangat cocok untuk pertumbuhan porang.

Tanaman porang itu sendiri tidak hanya ditanam karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi, namun juga terdapat manfaat yang begitu beragam di balik tanaman tersebut. Diantaranya adalah :

  1. Merawat kesehatan kulit.
  2. Mencegah penyakit jantung.
  3. Membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori.
  4. Mengatasi peradangan.
  5. Mencegah penyakit diabetes.
  6. Menjadi komoditas ekspor.
  7. Membuat isolator listrik.
  8. Mengentalkan es krim.
  9. Bahan baku barang industri.
  10. Membantu Menjernihkan air.
  11. Menurunkan resiko kanker usus.

Harga Jual Tanaman Porang

Dihimpun dari berbagai media dan di masyarakat sendiri, perkiraan harga jual dan keuntungan yang bisa didapatkan oleh petani ternyata cukup besar. Dengan perhitungan kasar lahan satu hektare, modal yang dikeluarkan sekitar Rp 360.000.000, maka dalam dua musim atau sekitar 18 bulan bisa didapatkan omzet hingga 3 miliar rupiah. Angka yang menggiurkan bukan?

Tanaman porang memang bisa jadi satu alternatif yang baik untuk menambah pemasukan. Namun, untuk mendapatkan keuntungan maksimal tentu Anda harus melakukan banyak riset dan percobaan, agar penanaman yang dilakukan bisa memberikan hasil yang terbaik.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

You May Also Like

Business

Cara Menetaskan Telur Ikan Koi Dengan Mudah – Salah satu ide usaha yang bisa bertahan lama salah satunya yaitu budidaya ikan. Budidaya ikan koi...

Hobi

Mungkin tulisan ini bisa dikatakan sedikit usang, karena akan membahas definisi blog beserta manfaatnya. Tapi walaupun begitu, semoga tulisan ini bisa membantu bagi anda...

Business

Harga Dan Spesifikasi Lengkap, Makin Gahar!, Realme hari ini direncanakan melaunching hp terbaru yaitu Realme 8 dan Realme 8 Pro, Senin (29/3/2021). Realme menyebutnya...

Lifestyle

Anya Geraldine menjadi trending topik pencarian google pada hari ini, Kamis (25/03/2021), karena disebut oleh WayV. Lalu siapakah sosok Anya Geraldine?  Ini Biodata lengkap...

Advertisement