Connect with us

Hi, what are you looking for?

Business

Budidaya Ikan Cupang Hias Dengan Media Aquarium

budidaya ikan cupang

Budidaya Ikan Cupang – Suatu siang anak saya pulang membawa bungkusan plastik berisi ikan kecil yang dia beli di sekolah. Setelah ditanya ternyata itu ikan cupang dan anak saya ingin belajar memeliharanya. Harganya cukup murah yaitu seribu per ekor. Mungkin karena itu termasuk ikan cupang biasa dan masih berukuran kecil jadi harga pun murah.

Anak-anak ramai membeli ikan cupang tersebut karena ikan itu bisa diadu dan menjadi kegiatan menarik bagi anak-anak. Bila dilihat bentuk tubuhnya yang berukuran kecil, ikan ini tidak seperti ikan petarung. Bagaimana cara beternak ikan cupang sebenarnya?

Beternak ikan cupang adalah hobi yang menarik. Meskipun tampak mudah pemeliharaannya tetapi bagi yang serius ingin menjadikan ikan cupang sebagai usaha maka harus memahami ilmunya lebih dalam. Jika punya waktu cukup, sumber-sumber informasi, pengetahuan, komitmen untuk membudidayakan ikan cupang, maka usaha ini akan menjadi sesuatu yang menjanjikan dan berpotensi menghasilkan keuntungan besar.

Langkah-langkah Budidaya Ikan Cupang

Bagi anda yang ingin mengembangkan bisnis dan memulai usaha jualan ikan cupang. Kali ini terbaru.co.id akan membagikan beberapa langkah untuk budidaya ikan cupang. Berikut informasinya

Langkah Budidaya Ikan Cupang – Cari Informasi Tentang Ikan Cupang

Informasi ikan cupang

Belajar menyerap ilmu tentang ikan cupang ini sebanyak yang kita bisa. Ketika berniat untuk memelihara hewan baik untuk hobi saja atau usaha sampingan, maka penting sekali untuk mengetahui semua hal tentang hewan yang kita pilih. Ada banyak sumber yang bisa kita gali informasinya misalnya melalui buku panduan, mengunjungi kelompok tani atauun searching di internet.

Apa yang akan kita lakukan? Apakah kita tertarik dengan jenis tertentu, apakah kita hanya ingin memelihara untuk diri sendiri atau menjalankan sebuah usaha. Menjalankan usaha ikan cupang memerlukan modal dan waktu yang cukup. Apakah kita siap dengan semuanya?

Advertisement. Scroll to continue reading.

Langkah Budidaya Ikan Cupang – Menyiapkan Sarana

Aquarium ikan cupang

Siapkan tanki atau akuarium yang tepat untuk ikan cupang Anda. Siapkan tanki yang memiliki sistem sirkulasi air yang baik untuk menjadi habitat sepasang indukan bila kita berniat untuk membudidayakan ikan cupang.

Langkah Budidaya Ikan Cupang – Mencari Indukan Ikan Cupang

Indukan Ikan Cupang

Perhatikan untuk membeli indukan yang berkualitas bagus. Ikan cupang bisa bertelur sejak berumur muda jadi pastikan kita mendapat sepasang calon induk betina dan jantan yang sehat.

Langkh Budidaya Ikan Cupang – Biarkan di Akuarium Selama Beberapa Waktu

Budidaya ikan cupang proses kawin

Biarkan ikan cupang selama beberapa bulan dalam akuarium sebelum mereka mulai bertelur. Hal ini dilakukan agar mereka bisa beradaptasi dengan baik di dalam akuarium yang baru. Induk jantan yang baik adalah ikan cupang yang berumur 14 bulan. Setelah kita mempertemukan induk jantan dan betina, maka kita harus mempunyai waktu yang banyak untuk ikan cupang ini karena setidaknya selama 2 bulan mereka memerlukan perhatian yang besar.

Langkah Budidaya Ikan Cupang – Menyiapkan Sarana yang Lebih Lengkap

Sarana Ikan Cupang

Siapkan tanki atau akuarium lengkap untuk ikan cupang dengan perlengkapannya seperti spon, saringan, dan pipa untuk sirkulasi udara serta air. Buat akuarium dengan dinding pemisah untuk jantan dan betina. Mereka akan dispisahkan sebelum waktunya tiba untuk dikenalkan dan kawin.

Langkah Budidaya Ikan Cupang – Siapkan Pakan

Pakan ikan cupang

Menyiapkan pakan hidup ketika kita sudah siap untuk proses budidaya. Udang kecil, cacing, atau serangga kecil lainnya bisa menjadi pakan yang baik bagi ikan cupang. Bila pakan hidup tidak tersedia maka ikan cupang bisa diberi makan pelet.

Anak ikan cupang berukuran sangat kecil. Mereka hanya bisa makan makanan yang hidup jadi kita harus menyiapkan pakan hidup yang cukup. Cacing sutra dan udang kecil menjadi pilihan yang tepat untuk pakan anak ikan cupang berukuran mungil.

Langkah Budidaya – Menyiapkan Sarana Bertelur Ikan Cupang

telur ikan cupang

Setelah dua minggu didiamkan, bakal induk siap untuk dipertemukan antara jantan dan betina. Bersihkan dinding penghalang yang memisahkan mereka di dalam tanki sehingga mereka bisa saling melihat pasangannya. Hal ini penting dilakukan agar kedua indukan ini bisa beradaptasi terlebih dulu sebelum dikawinkan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Perhatikan gerak gerika induk ikan cupang. Perhatikan apakah kedua jantan dan betina itu saling tertarik atau tidak. Si ikan cupang jantan akan berenang berkeliling sambil memamerkan siripnya sedangkan ikan cupang betina akan menunjukkan garis vertical di tubuhnya dan menggerakkan kepalanya untuk menarik perhatian jantan. Tapi jika terlihat ada gejala saling menyerang maka jangan dimasukkan dalam satu tempat yang sama. Pisahkan dulu lalu coba lagi lain waktu.

Setelah jantan siap membuahi maka kita harus menyiapkan sarang yang cukup besar. Masukkan ikan cupang betina dalam tanki yang sama namun pastikan dalam tanki itu terdapat banyak tempat bersembunyi untuk si betina karena betina harus menghindari ancaman jantan yang seringkali datang. Ancaman ini termasuk normal namun tetap harus diperhatikan oleh kita dengan seksama agar hidupnya tidak dalam bahaya.

Pindahkan induk betina ke tanki yang lain setelah dia bertelur karena si jantan akan kembali mengganggunya. Setelah kedua indukan ikan cupang ini kawin maka keduanya harus dipisahkan lagi. Induk betina ikan cupang kembali ke tanki yang lama sedangkan yang jantan tetap di tanki pembenihan hingga anak ikan cupang bisa bergerak dan berenang sendiri. Setelah itu baru ikan cupang jantan dipindahkan ke tankinya.

Jenis-Jenis Ikan Cupang

Jenis ikan cupang

Ikan cupang yang biasa dijual di sekolah-sekolah dasar memang bukan ikan cupang yang harganya selangit. Anak-anak menyukai ikan cupang itu karena mereka saling menganggu jika disatukan dalam satu wadah. Ada beragam jenis dan keunikan ikan cupang. Pemeliharaannya yang mudah juga berpotensi mendapatkan penghasilan tambahan bagi ekonomi keluarga.

Pertarungan antar ikan cupang mungkin menarik bagi sebagian orang etapi mereka yang hobi terhadap ikan cupang ini biasa mengoleksi ikan cupang jenis langka yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Beberapa jenis ikan cupang seperti berikut ini:

  • Ikan Cupang Bagan, ikan cupang jenis petarung. Biasa didapatkan di arena khusus ikan cupang adu.
  • Ikan Cupang Halfmoon. Ikan cupang yang berasal dari Thailand ini memang ikan cupang yang paling indah dan dianggap membawa rejeki. Jenis ikan cupang hias yang memiliki sirip indah. Siripnya bisa mengambang sampai seratus delapan puluh derajat. Indah sekali. Orang biasanya membeli ikan cupang jenis ini untuk koleksi dan hobi.
  • Ikan Cupang Serit. Ikan ini termasuk ikan cupang jenis hias. Berasal dari perairan Indonesia dan memiliki bentuk sirip mirip gerigi menjuntai panjang.
  • Ikan Cupang Plakat. Bentuk tubuh ikan cupang ini hampir mirip dengan ikan cupang petarung. Jenis ini juga bisa mengembangkan siripnya hingga seratus delapan puluh derajat bila merasa ketenangannya terusik.

Ikan cupang bisa dijual dengan harga ratusan ribu hingga jutaan bila memiliki kualitas ekspor. Ikan cupang aslinya hidup di perairan rawa dan ikan cupang dewasa panjang tubuhnya tidak lebih dari 5-6 centimeter. Mereka yang hobi dengan ikan past menyempatkan diri untuk mencoba memelihara ikan cupang ini. Namun bagi anak-anak, merupakan kesenangan tersendiri menonton ikan cupang miliknya melakukan pertarungan kemudian menang.

Sebenarnya masih banyak peluang usaha dari ikan yang bisa anda manfaatkan. Salah satunya yaitu budidaya ikan lele di lahan sempit dan Budidaya ikan mujair. Semoga bermanfaat

Advertisement. Scroll to continue reading.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

You May Also Like

Business

Cara Menetaskan Telur Ikan Koi Dengan Mudah – Salah satu ide usaha yang bisa bertahan lama salah satunya yaitu budidaya ikan. Budidaya ikan koi...

Business

Sekarang tanaman porang mulai diminati oleh banyak petani karena komoditas baru ini tergolong mahal. Lalu bagaimana cara budidaya tanaman porang? Jenisnya apa saja? Serta...

Hobi

Mungkin tulisan ini bisa dikatakan sedikit usang, karena akan membahas definisi blog beserta manfaatnya. Tapi walaupun begitu, semoga tulisan ini bisa membantu bagi anda...

Business

Harga Dan Spesifikasi Lengkap, Makin Gahar!, Realme hari ini direncanakan melaunching hp terbaru yaitu Realme 8 dan Realme 8 Pro, Senin (29/3/2021). Realme menyebutnya...

Advertisement