Connect with us

Hi, what are you looking for?

Smartphone

Baterai Smartphone Tidak Bisa Mengisi Daya, Coba Tips Ini

Baterai Smartphone Tidak Mengisi Daya

Penggunaan Smartphone jaman sekarang mungkin sudah menjadi hal yang lumrah, untuk menunjang berbagai kebutuhan. Namun, bagaimana kalau baterai smartphone tidak bisa mengisi daya?

Pengunaan smartphone yang terlalu over atau berlebihan, membuat beberapa komponennya cepat mengalami masalah. Seperti LCD, kamera, baterai dan yang lainnya akan cepat terpengaruh karena penggunaan smartphone yang terlalu berlebihan.

Kemungkinan besar masalah baterai yang tidak mengisi daya walaupun sudah di-charge, dikarenakan baterai mengalami masalah atau bahkan harus diganti dengan yang baru.

Mengatasi Baterai Smartphone Tidak Bisa Mengisi Daya

Sebelum kamu membeli baterai smartphone yang baru, kamu bisa mencoba beberapa tips mengatasi baterai smartphone yang tidak bisa mengisi daya dibawah ini.

Restart Smartphone

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dan kemungkinan efektif yaitu dengan cara merestart smarphone. Salah satu manfaat dari restart smartphone yaitu untuk membersihkan cache yang menumpuk di RAM smartphone. Cache ini pun kemungkinan besar akan menguras daya baterai smartphone kamu.

Cek Adapter Charger

Jika smartphone tidak bisa mengisi daya, kemungkinan lainnya yaitu berasal dari adapter charger yang bermasalah. Cara mengecekanya yaitu dengan menggunakan smartphone lainnya untuk menggunakan charger tersebut.

Apabila charger tidak berfungsi, kemungkinan besar chargernya bermasalah. Bagaimana kalau sebaliknya?

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Charger berfungsi di ponsel yang lainnya, tetapi di smartphone kamu tidak. Berarti masalah tersebut ada pada smartphone anda.

Kalibrasi Baterai

Apabila dengan kedua cara diatas, smartphone masih belum juga mengisi daya, maka langkah selanjutnya yaitu dengan cara kalibari baterai.

Cara Lain Mengatasi Baterai Smartphone Tidak Bisa Mengisi Daya

Beberapa cara diatas, adalah langkah umum yang sering dilakukan ketika mengalami masalah baterai. Akan tetapi dengan kondisi baterai yang masih terlihat normal.

Apabila masalah baterai smartphone masih belum teratasi, silahkan coba beberapa langkah dibawah ini.

Reset Smartphone

Apabila baterai smartphone masih dalam kondisi bagus, charger tidak bermasalah, kemungkinan besar terdapat masalah pada sistem smartphone anda. Maka langkah yang bisa kamu coba yaitu dengan cara melakukan reset pada smartphone.

Ganti Baterai

Mengganti baterai dengan yang baru adalah langkah yang terakhir yang bisa anda lakukan. Dengan mengganti baterai kemungkinan baterai akan normal kembali. Akan tetapi, hal yang harus diperhatikan saat akan mengganti baterai dengan yang baru adalah belilah baterai yang original.

Itulah beberapa tips cara mengatasi baterai ponsel/smartphone. Semoga dengan artikel ini smartphone akan akan berjalan dengan normal.

Advertisement. Scroll Untuk Melanjutkan Membaca.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

Jangan Terlewatkan

Smartphone

Berikut ini ada beberapa kode rahasia yang bisa digunakan untuk mengecek kualitas Ponsel, bagi yang pengen beli Ponsel second merek Nokia, mungkin kode-kode berikut...

Advertisement