Balada Si Lukisan Bunga, Lukisan Mahal Yang Dianggap Remeh

Terbaru.co.id —  Balada Si Lukisan Bunga, Lukisan Mahal yang Dianggap Remeh. Anda yang menggemari berbagai karya seni, pasti juga menggemari hasil goresan kuas pada kanvas. Lukisan-lukisan akan membuat kecintaan Anda terhadap dunia seni semakin menggila.
Jenis lukisan yang digemari pun pasti berbeda untuk setiap orangnya. Ada yang menggemari lukisan bunga, lukisan pemandangan atau lukisan yang gambarnya abstrak. Sebagai salah satu jenis lukisan, lukisan bunga tergolong memiliki pengagum yang cukup banyak.

Lukisan Bunga – Terinspirasi dari Keindahan

Ketika menciptakan sebuah karya, inspirasi adalah hal yang cukup penting. Karena dengan inspirasi, seseorang tersebut tahu akan membuat apa.
Inspirasi bisa juga dikatakan sebagai modal utama yang harus dimiliki atau diciptakan. Pun ketika menciptakan sebuah karya berbentuk lukisan.
Jangan salah, seahli apapun seseorang dalam menciptakan sebuah karya seni, inspirasi adalah hal yang pasti “diwajibkan” hadir. Setidaknya, mereka membutuhkan itu sebagai “pemancing” selebihnya, karya tersebut akan mengalir lancar. Misalnya, seorang pelukis. Ia membutuhkan inspirasi tentang hal apa yang akan ia lukis. Bisa bunga yang nantinya akan menjadi lukisan bunga atau hal lain.
Lukisan bunga memang terkesan sederhana. Anak tingkat sekolah dasar saja pasti bisa membuat lukisan jenis itu. Meskipun demikian, lukisan bunga bukan berarti layak dipandang sebelah mata. Dalam menciptakannya, sebuah proses pemikiran pasti menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Sebuah proses mulai dari terinspirasi, membayangkan kemudian mulai menggoreskan kuas.

Inspirasi Adalah Modal Utama Saat Berkarya

Inspirasi bisa datang dari manapun dan dalam bentuk apapun. Dari hal yang sifatnya konkret hingga hal yang sifatnya absurd. Mulai dari gambaran perasaan hingga gambaran suasana nyata.
Itu semua bisa Anda jadikan inspirasi ketika melukis. Dan biasanya, proses tersebut terjadi begitu saja. Mengalir dan tidak dipaksakan. Khusus untuk lukisan bunga, inspirasi yang paling masuk akal adalah datang dari bentuk bunga yang indah.
Keindahan bunga yang memang sudah kodrati ini secara tidak dipaksakan mampu menginspirasi para pelukis untuk melukiskannya. Keindahaan bunga tersebut diterjemahkan ke dalam goresan-goresan kuas yang cukup apik dan tak kalah indah.
Secara logika, keindahan bunga memang menjadi faktor yang menginspirasi paling besar ketika seseorang membuat lukisan bunga. Tetapi, ada faktor keindahan lain yang juga bisa dijadikan inspirasi ketika akan membuat sebuah lukisan dengan tema bunga. Keindahan apakah yang dimaksud?
Jawabannya adalah keindahan dari segala hal. Keindahan yang menginspirasi terciptanya lukisan bunga tidak harus melulu dari bunga. Ada banyak hal lain yang indah di dunia ini, dan Anda bisa mem-visual-kannya dalam bentuk lukisan bunga. Karena bunga sendiri sebenarnya adalah keindahan. Apapun yang berhubungan dengan bunga pasti menceritakan tentang keindahan.
Misalnya, Anda ingin melukiskan kekaguman pada seseorang. Keindahan seseorang di mata Anda itu bisa diwakilkan oleh lukisan bunga. Atau ingin melukiskan perasaan yang tengah dirasakan?
Lukisan bunga juga bisa mewakilkan perasaan Anda. Yang terpenting adalah bagaimana memadupadankan bentuk serta warna lukisan. Maka pesan Anda akan sampai dengan baik.

Lukisan Bunga yang Dipandang Sebelah Mata

Lukisan bunga memiliki cerita sendiri di dunia per-lukisan. Teknik menggambar yang sederhana, inspirasi yang tidak mendalam, serta hasil akhir yang itu-itu saja membuat lukisan bunga memiliki harga yang rendah, bahkan di kalangan pelukis itu sendiri.
Mereka, para pelukis, tidak ingin dianggap tidak memiliki inspirasi dalam menciptakan sebuah karya lukis. Dengan menghapus daftar lukisan bunga dari lukisan yang akan diciptakan, berarti menjauhkan mereka dari pandangan sesama penulis yang terkesan meremehkan. Padahal lukisan bunga memiliki perjalanan panjang di dunia melukis itu sendiri.
Lukisan bunga bahkan sudah mulai ada sejak zaman klasik. Banyak pelukis terkenal yang menggambar tentang keindahan bunga. Para maestro lukisan tersebut menggambar bunga tanpa pemikiran negative yang macam-macam yang malah akan semakin menumpulkan ide. Mereka melukiskan bunga dengan kesungguhan.
Pelukis dari zaman klasik tersebut datang dari berbagai tempat. Seperti Rusia, Eropa dan Amerika Serikat. Jenis bunga yang kerap menjadi inspirasi para penulis tersebut juga sangat bervariasi. Bunga-bunga cantik itu antara lain bunga Anggrek, Teratai, Matahari, Tulip, Mawar dan bunga Krisan. Selain bunga-bunga tersebut, masih banyak bunga lainnya yang menjadi inspirasi mereka dalam membuat lukisan bunga.
Bunga-bunga yang menginspirasi para pelukis tersebut bisa langsung dilukis di alam bebas, tempat bunga itu tumbuh, atau bunga yang sudah dalam vas bunga dan menjadi hiasan di dalam rumah.
Bunga yang terlihat hanya itu-itu saja ternyata bisa hadir dalam bentuk berbeda jika sudah ditangani oleh pelukis handal.
Dengan memainkan berbagai metode pelukisan, lukisan bunga memiliki harga yang mahal dalam setiap transaksi jual-beli lukisan.
Pelukis-pelukis maestro seperti Pierre Auguste, Edgar Degaz, Theodore Henri Ignace serta Van Gogh berhasil melahirkan lukisan-lukisan bunga yang memang cantik secara estetik.
Dan harga yang harus dibayarkan untuk satu buah lukisan bunga karya pelukis terkenal tersebut tidak kalah dengan jenis lukisan lain. Seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa bunga adalah simbol keindahan atau keindahan dapat disimbolkan dengan bunga.
Hal itu juga diamini oleh para pelukis terkenal. Bahwa melukis bunga dapat menunjukkan sejauh mana kemampuan para pelukis dalam menuangkan atau mengungkapkan keindahan. Kepekaan mereka terhadap padupadan komposisi warna juga dituntut. Jadi, siapa bilang membuat lukisan bunga itu mudah?
Keindahan yang dimiliki oleh lukisan bunga karya Van Gogh bahkan dihargai dengan uang yang fantastis. Kala itu harganya sebesar 50 juta dollar. Harga yang cukup “gila” untuk sebuah lukisan itu dihasilkan dari lukisan bunga. Jadi, sekali lagi, jangan menganggap remeh lukisan bunga.

Keindahan Lukisan Bunga Karya Van Gogh

Jika Anda menganggap remeh lukisan bunga, maka tidak dengan Van Gogh. Pelukis se-kaliber Van Googh saja masih menggilai bunga dalam lukisan. Selama perjalanan karirnya sebagai pelukis, Van Gogh cukup banyak melahirkan lukisan-lukisan bunga yang sangat indah.
Selama hidupnya, Van Gogh sudah berhasil melahirkan lebih dari dua lukisan bunga. Lukisan bunga karyanya yang paling terkenal adalah “Irises”. Lukisan bunga yang menjadikan bunga Iris sebagai inspirasinya ini sungguh indah. Cat yang digoreskan pada kanvas mampu memindahkan keindahan yang dimiliki bunga asli ke dalam kanvas.
Pada lukisan bunga berjudul “Irises” warna yang paling menonjol adalah hijau pada daun yang berbentuk memanjang, bunganya berwarna biru tua serta latar yang berwarna kuning dan orange. Lukisan bunga Iris ini dibuat oleh Van Gogh di taman, tempat bunga ini berada.
Selain “Irises”, van Gogh juga menciptakan lukisan bunga lainnya, berjudul “A Field of Yellow Flowers”. Kemudian ada “Garden with Flowers”, “Avenue with Flowering Chestnut Trees”. Semua lukisan-lukisan tersebut digambar oleh Van Gogh langsung di tempat bunga itu berada.
Selain melukis bunga di alam bebas, Van Gogh juga melukis bunga yang disimpan di dalam pot atau vas bunga. Lukisan-lukisan bunga berjudul “Flowers in A Vase”, “Vase with Carnation and Other Flowers”, “Wild Flowers and Thistles in A Vase”, dan “Still Life with Four Sunflowers” merupakan lukisan bunga karya Van Gogh yang terinspirasi oleh bunga-bunga yang ada di dalam vas bunga.
Membuat lukisan bunga memang terlihat gampang, tapi justru di sinilah tantangnnya. Takaran mengenai seberapa peka seorang pelukis dapat menggambarkan hal yang sederhana menjadi indah akan terlihat kadarnya. Sejauh mana keahlian pelukis tersebut bisa dilihat dari keahliannya menggambar hal-hal yang sederhana menjadi indah dan memesona.

Share:

admin

Halo, perkenalkan saya merupakan owner dari Terbaru Online. Silahkan kontak kami untuk bekerjasama melalui website ini

Leave a Reply