Connect with us

Pendidikan

Asal Usul Tasawuf Berikut Pengertiannya

Published

on

Asal Usul Tasawuf Berikut Pengertiannya

Tasawuf ialah sisi penting dari tuntunan Islam, tapi pengetahuan mengenai arti tasawuf tetap jadi bahan pembicaraan. Asal usul tasawuf, ada yang menjelaskan jika kata “tasawuf” berawal dari kata “Shouf”, yang bermakna “kain wol”. Tanda ini merujuk pada rutinitas beberapa sufi yang mengikhlaskan baju eksklusif dan pilih menggunakan bahan wol yang kasar.

Asal Usul Tasawuf

Opini lain mengatakan jika makna kata tasawuf berawal dari kata Shuffah yang bermakna ruang di samping Masjid Rasulullah di Madinah, karena mereka kerap terisolir pada tempat ini. Ada yang mengatakan berawal dari kata Shaufanah, yakni nama buah yang berbulu. Penyebutan paling akhir merujuk pada kain bulu yang kerap dipakai beberapa sufi. Maka ada banyak ketidaksamaan opini mengenai arti tasawuf.

Kelihatannya tidak merepresentasikan nilai dan asal usul tasawuf yang sesungguhnya, tetapi beberapa opini itu sudah disebut dalam banyak buku tasawuf yang tersebar sejauh ini. Jadi tidak apa-apa, walau ia kelihatan sedikit kurang agung dalam soal asal usul tasawuf, yang paling dipandang. Bahkan juga ada opini yang lain mengarah pada tipe domba berbulu untuk menunjuk beberapa sufi yang selalu jaga kesucian hati.

Pengertian Tasawuf

Dibanding memperdebatkan asal-usul makna kata tasawuf, apa lagi bila mengulas pengertian sampai 1.000 tipe, seharusnya kita pelajari tasawuf berdasar huruf-huruf yang membuat kata tasawuf tersebut. Mudah-mudahan pengetahuan yang simpel dan gampang ini mempermudah kita untuk meresap pengetahuan baru tasawuf yang kita harap.

Kami pisahkan empat huruf dalam kata tasawuf, tiap huruf berisi makna dari makna tasawuf yang sesungguhnya. Ke-4 huruf itu terbagi dalam: huruf “T” yang umum kita baca “Tak”, huruf ke-2 “SH” yang merujuk pada “SHUT”, selanjutnya huruf “W” yang merujuk pada “Wau”, dan paling akhir huruf ” F “atau kit baca” fak “.

Masing-masing huruf ini mempunyai makna dan makna yang lain. Huruf “T” maknanya “Taubat”, huruf “SH” maknanya “Shafa” maknanya bersih, huruf “W” maknanya “Waqwa” maknanya konservasi atau pelindungan dan pelindungan, huruf “F” maknanya “Fana” yang maknanya larut atau lenyap. Karena itu, empat huruf dari kata tasawuf sebagai kependekan dari 4 kata penting sebagai rukun tasawuf. Disini kita dapat mengeruk makna tasawuf yang sesungguhnya.

Baca Juga  Hukum Mencium Tangan Dan Membongkokkan Badan Ketika Bersalaman

Huruf T (Taubat)

Untuk umat Islam yang sudah mempraktikkan hukum agama mereka secara benar, mereka harus mengikut jalan tasawuf hingga mereka dapat nikmati manisnya iman ke Tuhan. Untuk tempuh lajur Sufi ini, kita harus mengawali cara-caranya. Langkah awal ialah Taubat. Karena itu, ini searah dengan keinginan semua umat Islam saat shalat selesai wudhu jadi barisan orang-orang yang bertaubat.

Kenyataannya, kami kemungkinan sudah melaksanakan ibadah, tapi kami belum betul-betul jadi Hamba-Nya yang bertobat. Kami jalankan beberapa perintah Tuhan, dan kemungkinan susah untuk menyalahi beberapa larangan Tuhan. Sedang sebagai Muslim, kita mengharap jadi Hamba Allah SWT yang suci dan murni hingga kita dapat kembali dengan selamat kepada Allah SWT. Karena itu, seorang Muslim selalu minta ke Tuhan sesudah tiap shalat untuk meminta ampunan untuknya dan minta untuk beralih menjadi budak yang bertaubat sesudah tiap wudhu.

Taubah ialah titik awalnya yang paling utama di jalan tasawuf karenanya itu kita menarik garis pembatas di antara masa lampau yang kita lalui dan hari esok yang kita awali. Pertobatan ialah penegasan dari dedikasi kita kepada Tuhan. Penyesalan beginilah yang disebutkan taubat nashuha, penyesalan yang sesungguhnya ialah taubat, bukan “Kapok Lombok” sama seperti yang kerap disampaikan orang, ketahui jika makanan pedas masih melahap Lombok.

Bab pertama dari ruangan Sufi ini menerangkan perjalanan seterusnya untuk seorang Muslim untuk mencari keteguhannya di jalan tasawuf. Bila penyesalan tidak ikhlas, maka tinggalkan bintik di jalan seterusnya. Seperti tuangkan minuman ke cangkir yang kotor.

Huruf SH (Shafaa) – Membersihkan Hati

Bila langkah awal pertobatan berjalan lancar, cara pembersihan hati ini akan gampang dilaksanakan. Karena orang yang membuat perlindungan dianya dari dosa automatis akan mempunyai hati yang lebih bersih. Di jalan pengobatan ini, seorang Muslim perlu menyucikan hatinya dari dosa misteri yang biasa di hatinya.

Tapi tidak bisa disangkal jika dosa yang dalam ada juga di hati kita. Kualitas hati yang malu-maluin seperti kesombongan, keserakahan, dan kemunafikan, yang paling akhir disebutkan politeisme remeh. Adapun untuk beberapa sufi, yang paling penting ialah membuat perlindungan hati dari kualitas hati yang nista. PE apa kekurangan mereka tidak cuma di permasalahan external, tetapi tidak kalah keutamaan dengan dosa intern.

Baca Juga  Pengertian Politik Dan Strategi Keamanan Nasional

Untuk beberapa sufi, seperti kaca yang bersih oleh pertobatan, kristal harus jernih hingga arti yang pas dari kata pengobatan ialah perolehan kesucian hati, hati yang murni dan murni. Berikut ruh suci beberapa sufi yang selalu siap terima makna yang mengucur dari Tuhan Yang Maha Esa. Karena itu, usaha memurnikan jiwa dengan jaga hati dari semua tipe kekotoran batin jadi pekerjaan khusus.

Huruf W (Waqwa) – Perawatan Berkepanjangan

Untuk beberapa sufi, amalan zikir dalam kredibilitas sebagai usaha untuk jaga kesucian jiwa yang sudah diraih. Karena itu, menyembah golongan Sunni untuk mereka sebagai aktivitas yang umum mereka kerjakan, dan tak lagi jadi beban yang berat. Mereka tak lagi memusatkan beribadah mereka pada keinginan balas sakit hati Tuhan berbentuk surga atau ketakutan akan hukuman dari Neraka. Untuk beberapa mistis, menyembah Tuhan hanya perkataan sukur atas karunia iman yang mereka alami.

Pekerjaan jiwa yang ditujukan untuk memuja sukur betul-betul sebagai pemicu sokongan. Sokongan dalam masalah ini bermakna lakukan usaha untuk jaga keberkahan, karena teror Tuhan untuk memberi hukuman tiap orang yang tidak mengucapkan terima kasih bermakna hilangkan nikmat yang sudah diberi.

Dalam step ini, karena iman dan karena beribadah yang sudah mereka raih didiamkan dipertahankan sepanjang beratus-ratus tahun. Hubungan dengan Si Pembuat sebagai tempat suci yang mulia dan mulia yang perlu selalu dijaga. Satu kali lagi, ini ibarat kristal bersih bercahaya yang selalu dijaga supaya bisa terima curah nikmat dari kepercayaan Islam Allah, janganlah sampai hancur apa lagi diperpecah.

Huruf F (Fana) – Musnahnya Keegoisan

Ini ialah pucuk penyembahan sufi. Untuk mistis, semua tindakan baik, tindakan baik, kebijakan, kesucian jiwa, dan lain-lain, tidak atas nama pribadi atau keegoisan. Keegoisan untuk mereka sudah musnah. Tiap beribadah dan semuanya yang baik terkecuali dalam nama Tuhan. Mereka tidak terganjal Kira mereka sebagai punya mereka karena mereka sudah tergabung jadi Tuhan Yang Maha Kuasa.

Berikut langkah sufi dalam melestarikan nilai-nilai kebaikan. Semua diberi untuk kekekalan. Mereka mengetahui jika semuanya yang berada di segi manusia akan berakhir, sementara semuanya yang berada di segi Tuhan akan bertahan selama-lamanya.

Sejauh ini arti tasawuf sesuai formasi huruf yang ada didalamnya. Mudah-mudahan jadi dasar untuk kita untuk menjejaki jalan jelas yang selalu terima banjir olokan dari Tuhan Yang Maha Esa. Dan itu, dengan pengampunan dan anugrah Tuhan, kita mendapati keringanan yang kita alami.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pendidikan

Sekolah Dan Siswa Wajib Miliki Akun LTMPT, Ini Alasannya

Published

on

Sekolah Dan Siswa Wajib Miliki Akun LTMPT, Ini Alasannya

Terbaru.co.id, Jakarta – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengharuskan sekolah dan siswa untuk membikin dan miliki akun LTMPT. Akun ini penting untuk registrasi di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

Ketua LTMPT Prof Mochamad Ashari menjelaskan, langkah awal untuk ikuti penyeleksian akseptasi mahasiswa baru di PTN di bawah koordinir LTMPT memang sekolah dan siswa harus mempunyai akun LTMPT.

Tahun ini, ucapnya, penyeleksian akseptasi mahasiswa baru di bawah LTMPT akan buka peluang beberapa siswa untuk mendaftarkan 75 PTN (kampus dan institut), 39 politeknik negeri dan 11 perguruan tinggi keagamaan islam negeri yang lewat SNMPTN dan SBMPTN.

Ashari yang memegang sebagai Rektor ITS ini menerangkan, register akun yang perlu dibikin sekolah telah diawali semenjak 4 Januari kemarin. Dan untuk siswa dipersilakan membuat akun awal hari ini, Senin (10/1/2022).

“Untuk siswa diawali pada 10 Januari kelak sore . Maka siswa kelas 12 anda mulai bisa membuat akun kelak sore jam 15.00 WIB di LTMPT,” ucapnya pada Publikasi Register Akun LTMPT dan Verval Data dalam PMB 2022 di Youtube LTMPT, Senin (10/1/2022).

Selanjutnya, kenapa sekolah dan siswa diharuskan membuat akun LTMPT? Ashari menjawab, sekolah diharuskan karena sekolahlah harus mengupload data pelajar-siswinya yang eligible mendaftarkan ke SNMPTN.

Ia menerangkan, sekolah nanti akan membuat penilaian siswa berdasar legalisasinya. Untuk sekolah legalisasi A, ucapnya, diambil 40% terbaik di sekolahnya, legalisasi B 25 % dan legalisasi C 5 % terbaik di sekolahnya.

Selanjutnya untuk siswa kelas 12, katanya, wajib buat buka akun LTMPT karenanya akun itu siswa akan dibolehkan untuk pilih program study dan PTN yang diharapkan.

Baca Juga  Biggest Takeaways from the January Democratic Debate

“Jika memang ingin turut di penyeleksian masuk PTN, harus anda semua buka akun di LTMPT. Kelak untuk mendaftarkan di SNMPTN dan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN,” katanya.

Ashari memberi pesan, supaya lancar saat membuat akun diharap telah pahami tata langkah membuat yang telah diumumkan oleh LTMPT. Selanjutnya signal internet dan piranti computer harus juga dipersiapkan secara baik.

Disamping itu, Ashari minta, supaya tiap peserta tidak boleh lakukan registrasi di beberapa akhir periode registrasi. Dijumpai, pembikinan akun siswa akan ditutup pada 15 Februari 2022.

“Hingga bila ada kesusahan, ada data yang kurang betul karena itu masih mempunyai waktu untuk lakukan revisi sampai account-nya itu kelak maka ” ujarnya.

Continue Reading

Pendidikan

Pertanyaan Tentang Hukum Taklifi

Published

on

Pertanyaan Tentang Hukum Taklifi

Pertanyaan Tentang Hukum Taklifi – Beberapa ahli usul fikih membagikan hukum taklifi jadi tiga kelompok: perintah, larangan, dan pilihan, untuk jalankan suatu hal atau meninggalkannya.

Dari ke-3 kelompok itu, mereka selanjutnya membagikan kembali jadi lima jenis, yakni wajib, haram, mandub (sunnah), mubah, dan makruh.

Satu perintah termasuk wajib atau fardhu jika perintah itu disertai dengan janji pemberian pahala untuk yang jalankan dan ancaman siksaan untuk yang tinggalkan.

Perintah wajib ini berdasar pada dalil-dalil yang telah qath’i atau pasti, yang tidak diragukan kembali keabsahannya.

Pengertian Hukum Taklifi

Hukum takhlifi adalah hukum yang berisi tuntutan kepada mukallaf untuk meninggalkan atau melakukan sesuatu, atau memilih diantara keduanya.

Pembagian

Al-ijab (wajib)

Yaitu suatu tuntutan secara pasti dari syari’at untuk dilaksanakan dan tidak boleh ditinggalkan, karena jika meninggalkan akan dikenai hukuman.

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.

Para ulama ushul fiqh mengemukakan pembagian hukum wajib bisa dilihat dari beberapa segi, yaitu, dari segi waktu pelaksanaan, dari segi kandungan perintah, dari segi orang yang dibebani kewajiban hukum, dan dari segi kuantitasnya.

Dari segi waktu pelaksanaan :

  • Muaqqat( Terikat waktunya ) sesuatu yang dituntut oleh syar’i untuk dikerjakan dengan pasti pada waktu tertentu, contoh : sholat 5 waktu, yang mana shalat itu tidak wajib sebelum datang waktunya.
  • Muthlaq (Tidak terikat waktu ) sesuatu yang dituntut oleh syar’i dengan pasti, namun tidak ditentukan waktu pelaksanaanya, contoh : Ibdah haji, yang manawajib bagi orang yang mampu, namun untuk melaksanakannya tidak dibatasi waktu tertentu.
Baca Juga  Tagar Tangkap Zein Kribo Jadi Trending Topic, Ini Tanggapan Helmi Felis

Dari segi kandungan perintah:

  • wajib mu’ayyan, yaitu kewajiban yang telah ditentukan perbuatanya, seperti membaca fatihah atau tahiyat dalam sholat.
  • wajib mukhayyar, yaitu kewajiban yang objeknya dapat dipilih dengan alternatif yang ada. Seperti membayar kafarat.

Dari segi orang yang dibebani kewajiban hukum, dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Wajib aini, yaitu kewajiban yang dibeban kepada semua orang yang sudah baligh tanpa terkecuali. Seperti shalat fardhu.
  • Wajib kifayah, yaitu perbuatan yang dapat dilakukan secara kolektif, seperti menyelenggarakan sholat jenzah.

Dari segi kuantitasnya:

  • Wajib muhaddad, yaitu wajib yang ditentukan batas kadarnya (jumlahnya), seperti jumlah zakat yang harus dikeluarkan.
  • wajib qhairu muhaddad, yaitu kewajiban yang tidak ditentukan batas kadarnya, seperti membelanjakan harta dijalan Allah.

Continue Reading

Pendidikan

4 Tips Memulai Conversation

Published

on

4 Tips Memulai Conversation

Apakah kamu mengalami kesulitan berbicara bahasa Inggris? Terkadang bagian tersulit dari belajar bahasa Inggris adalah memulai percakapan. Pelajari ungkapan-ungkapan ini untuk memulai percakapan dalam bahasa Inggris dalam situasi apa pun – formal atau informal, di tempat kerja, sekolah, atau konteks lainnya! Jika hal tersebut sudah berhasil kita akan ke tahap berikutnya, yaitu tentang cara melanjutkan percakapan. Belajar bahasa Inggris dari dasar apalagi mengenai percakapan memang bukan hal yang mudah, tetapi kamu bisa merasakan hasilnya kelak.

Semua itu dapat dilakukan secara otodidak, tetapi jika kamu ingin di pandu oleh profesional, kamu bisa ikut kursus pada lembaga yang terpercaya. Misalnya adalah English First atau EF, mereka sudah banyak memiliki cabang dan juga memiliki program belajar yang menarik. Tidak percaya? Kamu bisa membacanya sendiri disini https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/beginner/. Namun jika kamu lebih nyaman belajar sendiri secara otodidak, itu pun tidak menjadi masalah.

Lalu, bagaimana sih caranya untuk memulai melakukan conversation english? Atau percakapan bahasa Inggris. Berikut adalah yang bisa kamu lakukan :

1. Pembukaan

Langkah pertama adalah memecahkan kebekuan (memulai percakapan). Kamu dapat memperkenalkan diri dengan: “Halo, nama saya…” atau coba pendekatan yang lebih santai seperti “Hai, saya…” kamu dapat melanjutkan sapaan dengan pertanyaan sederhana seperti “Dari mana kamu berasal?” Ada baiknya untuk memulai dengan sesuatu yang mudah dan impersonal untuk membantu kamu membangun kepercayaan diri

2. Topik yang Cocok

Cara yang baik untuk menjaga percakapan tetap berjalan adalah dengan membicarakan sesuatu yang kamu miliki bersama. Misalnya, jika kamu bertemu seseorang di sebuah pesta, kamu dapat menanyakan bagaimana mereka mengenal tuan rumah

Baca Juga  Sejarah Akuntansi Internasional Dan Tren Kebijakan Sektor Keuangan

3. Tanggapan yang Sesuai

Agar percakapan tetap berjalan, penting untuk menanggapi apa yang orang katakan, misalnya, “Itu pasti menarik!” atau “Benarkah? Saya belum pernah mencobanya.”

4. Teknik Mendengarkan

Bercakap-cakap di ‘dunia nyata’ selalu lebih menantang daripada berbicara di dalam kelas. Tapi jangan menyerah! Ingat, kamu tidak harus memahami setiap kata: berkonsentrasilah pada kata-kata yang kamu pahami alih-alih terpaku pada kata-kata yang tidak kamu pahami.

Itulah tips yang bisa kami berikan, jika kamu menginginkan tips atau pun contoh lainnya kamu bisa mengunjungi website kami loh. Disana kamu banyak menulis tentang belajar bahasa Inggris dari yang pemula sampai fasih. Silahkan kunjungi link berikut, https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/conversation/ selamat membaca!

Continue Reading

Trending