Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

Administrasi Dalam Pengertian Luas

Administrasi Dalam Pengertian Luas

Administrasi Dalam Pengertian Luas – Bila Anda browsing dan masuk ke salah satu situs, seperti situs lowongan kerja atau situs yang dibuat khusus oleh suatu produk, Anda dapat dengan mudah menemukan admin di sisi sebelah kanan atau kiri atas dalam tampilannya.

Admin di sini adalah kependekan dari administrasi, yaitu orang-orang yang berada di balik layar. Bertugas melayani dan mengarahkan pengunjung situs yang bertanya atau menemui kesulitan dalam menjelajahi situs tersebut. Tahukah Anda pengertian administrasi?

Pengertian Administrasi

Administrare, dalam bahasa Latin, memiliki dua pengertian. Ad berarti ‘intensif’ dan ministrare berarti ‘melayani atau mengatur’. Secara umum, pengertian administrasi mengacu pada suatu kegiatan mengatur dan membantu sebagai bagian dari organisasi tertentu dan untuk tujuan tertentu secara berkala.

Namun, menurut beberapa ahli, administrasi memiliki pengertian yang lebih khusus lagi. Seperti kata Leonard D.White, administrasi adalah suatu proses yang umum dalam semua usaha-usaha suatu kelompok baik dalam usaha umum atau pribadi.

Dalam pengertian tata usaha, seperti dikemukakan oleh Munawardi Reksohadiprawiro, administrasi adalah tata usaha yang mencakup setiap pengaturan yang cepat dan sistematis serta penentuan fakta-fakta secara tertulis dengan tujuan memperoleh pandangan yang menyeluruh serta hubungan timbal balik antara satu fakta dengan fakta lainnya.

Administrasi sebagai Bagian Ilmu Sosial

Pengertian mendasar administrasi menurut Sondang .P Siagian, penulis buku Administrasi Pembangunan, adalah keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Administrasi meliputi orang-orang yang saling berinteraksi dalam suatu kegiatan bersama yang dihadapkan pada sejumlah data dan fakta yang menyangkut organisasi atau lembaga tempat mereka bernanung.

Terjadinya interaksi tersebut akibat suatu kebutuhan utama antarsesama, yaitu komunikasi, agar tujuan administrasi tentang hal pengaturan data yang sistemik bisa berjalan dengan lancar dan sesuai target.

Seperti yang biasa Anda lihat di kantor-kantor, sejumlah pegawai administrasi melakukan kerja satu tim untuk dapat menyelesaikan suatu tugas tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.

Kegiatan mereka biasa disebut clerical works, yaitu pekerjaan seperti mencatat, mengetik, mencetak, dan menggandakan. Kegiatan perkantoran seperti itu bisa terjadi karena ada instruksi dari bagian lain yang sudah merencanakan. Kemudian, mengorganisasi dan akhirnya sampai pada bagian administrasi yang melaksanakan serta bagian lain yang sejajar dengan kualifikasi kerja tertentu.

Administrasi sendiri adalah bagian dari manajemen yang mengatur keseluruhan fungsi organisasi.

Ditinjau dari sudut proses, maka administrasi merupakan keseluruhan proses, mulai dari proses pemikiran, proses perencanaan, proses pengaturan, proses penggerakan, proses pengawasan sampai dengan pencapaian tujuan. Untuk mencapai suatu tujuan orang harus memikirkan dahulu apa yang akan dicapai dan bagaimana cara mencapainya serta sarana dan prasana apa yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut serta kemampuan seseorang untuk menjalankannya. Sebagai contoh:

  • Seseorang akan bepergian dari Jakarta ke Jayapura, maka orang tersebut sudah punya tujuan mengapa dia ke Jayapura, kemudian bagaimana caranya ?,
  • Apakah menggunakan kapal laut atau pesawat udara, lalu tersediakah biaya untuk itu dan yang tidak kalah penting adalah mampukah orang itu untuk mengadakan perjalanan sejauh itu ?

Administrasi Dari Segi Fungsi Dan Tugas

Ditinjau dari sudut fungsi atau tugas administrasi berarti keseluruhan tindakan (aktivitas) yang harus dilakukan oleh seseorang yang berkedudukan sebagai “administrator” ( memegang jabatan dalam manajemen suatu organisasi). Dalam setiap organisasi atau instansi sudah tentu ada orang-orang yang menjalankan administrasi, misalnya :

  • Orang-orang yang melaksanakan tugas kepemimpinan (pemimpin);
  • Orang-orang yang melaksanakan tugas perencanaan (perencana);
  • Orang-orang yang melaksanakan tugas pengawasan /kontrol (pengawas);
  • Orang-orang yang mengorganisir (organisator), dan lain sebagainya.

Admnistrasi Dari Segi Kepranataan (Institusi)

Ditinjau dari kepranataan (institusi), maka tinjauan administrasi adalah melihat kegiatan dalam suatu lembaga melakukan aktivitas tertentu, misalnya: Lembaga perbankan, maka ada orang-orang yang melakukan kegiatan perbankan dalam lembaga itu; Kantor Pos, maka ada ora g-orang yang melakukan kegiatan pelayanan pos (surat menyurat, pengiriman barang, dan lain lain); kantor pajak, kantor kepolisian, kantor departemen-departemen, non departemen dan lain sebagainya. Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa administrasi mempunyai pengertian:”Aktivitas-aktivitas untuk mencapai tujuan” atau “proses penyelenggaraan kerja untuk mencapai tujuan”.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Written By

Menurut pepatah belajar itu tidak ada waktunya. So, belajar terus, sampai menemukan apa yang kamu inginkan.

Comments

You May Also Like

Business

Cara Menetaskan Telur Ikan Koi Dengan Mudah – Salah satu ide usaha yang bisa bertahan lama salah satunya yaitu budidaya ikan. Budidaya ikan koi...

Business

Sekarang tanaman porang mulai diminati oleh banyak petani karena komoditas baru ini tergolong mahal. Lalu bagaimana cara budidaya tanaman porang? Jenisnya apa saja? Serta...

Hobi

Mungkin tulisan ini bisa dikatakan sedikit usang, karena akan membahas definisi blog beserta manfaatnya. Tapi walaupun begitu, semoga tulisan ini bisa membantu bagi anda...

Business

Harga Dan Spesifikasi Lengkap, Makin Gahar!, Realme hari ini direncanakan melaunching hp terbaru yaitu Realme 8 dan Realme 8 Pro, Senin (29/3/2021). Realme menyebutnya...

Advertisement