6 Makanan yang Di Cap Buruk Tapi Kaya Akan Kandungan Kesehatan

6 Makanan yang Di Cap Buruk Tapi Kaya Akan Kandungan Kesehatan

6 Makanan yang Di Cap Buruk Tapi Kaya Akan Kandungan Kesehatan
6 Makanan yang Di Cap Buruk Tapi Kaya Akan Kandungan Kesehatan

Para ahli gizi mengatakan, berikut ini makanan yang ‘dicap buruk’ tapi kaya akan kandungan kesehatan.

1.Pisang

Pisang dikenal dengan kandungan tepung dan tinggi kalori. Larson mengatakan, pisang, terutama pisang yang masih hijau termasuk mengandung pati resisten (resistant starch), yang tidak memecah atau menaikkan gula darah.
Pisang juga membantu mengontrol nafsu makan, menstabilkan gula darah, dan baik untuk otak Anda.

2.Kentang

Kentang telah mendapatkan reputasi yang buruk berupa jumlah karbohidrat yang tinggi dan buruk untuk penurunan berat badan.
Tapi Kim Larson, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Amerika Serikat mengatakan, jenis karbohidrat pada kentang dapat begitu kaya.
“Ukuran kalori dari kentang terbilang mengenyangkan. Kentang mengandung vitamin C, kalium, dan serat yang tinggi. Namun, hindari keripik kentang dan kentang goreng,” kata Larson.
Ahli gizi Vandana Sheth mengatakan, kulit kentang mengandung serat. Cara sehat untuk makan kentang, yaitu lengkapi kentang dengan beberapa potongan keju atau yogurt rendah lemak.

3.Popcorn

Menurut Larson, popcorn merupakan gandum yang bisa sehat bila disajikan tanpa mentega atau garam. Namun, ia menyarankan, penyajian popcorn dapat menambahkan bumbu, kakao, parmesan, cabai rawit atau sedikit garam rasa.

4.Kopi

Kopi tidak meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit jantung dan kanker. Para ahli gizi mengatakan, kopi dapat menurunkan kemungkinan diabetes tipe 2.
Hal ini juga dapat meningkatkan mood, energi dan berpotensi membuat seseorang mencapai kehidupan yang lebih panjang.
“Anda tetap baik-baik saja minum 3-5 cangkir kopi per hari, hanya saja perhatikan apa yang Anda masukkan di dalamnya. Kopi dengan sejumlah kecil krim tetap membuat Anda baik,” katanya.

5.Telur

Marjorie Nolan Cohn, seorang ahli diet mengungkapkan, minyak dan lemak adalah nutrisi penting yang membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan lain.
Telur mengandung protein yang tinggi dan asam lemak omega-3 dengan vitamin D dan vitamin K. Jangan menghindari memakan kuning telur. Di sisi lain, telur dikatakan berpotensi mengandung kolesterol tinggi.
Tapi Nolan mengatakan, kolesterol darah yang tinggi lebih dikaitkan dengan makan terlalu banyak gula dan lemak. Bagaimanapun, Anda bisa mengurangi jumlah telur yang dimakan bila Anda cenderung memiliki kolesterol tinggi.

6.Jus buah

Jus buah yang terbuat dari 100 persen jus buah 100 persen–tanpa ditambahkan perasa atau gula–bisa sehat. Anda harus berhati-hati dari label bahan pembuatan untuk menghindari gula tambahan.

(Sumber: http://www.tribunnews.com/member/ojelhtcmandiri/)