5 Hal penentu Kecepatan Smartphone

5 Hal penentu Kecepatan Smartphone

5 Hal penentu Kecepatan Smartphone
5 Hal penentu Kecepatan Smartphone

Melihat fenomena persaingan pasar smartphone saat ini

Para produsen seperti terus kejar-kejaran untuk mengeluarkan ponsel dengan jeroan berspesifikasi tinggi. Tengok saja dalam hal RAM, jika dahulu didominasi dengan angka 512MB ataupun hanya 1 hingga 2 GB saja, kini bahkan ada ponsel dengan RAM mencapai 6 dan 8 GB.

Sering kali jadi fokus utama ketika memilih ponsel yang diekspektasikan memiliki kinerja yang cepat dan lancar, ternyata RAM bukanlah satu-satunya unsur penentu kecepatan sebuah smartphone lho.

Nah, untuk menambah wawasanmu, terutama ketika hendak memilih smartphone baru, ternyata ada 5 faktor yang dapat mempengaruhi cepat atau tidaknya performa sebuah smartphone lho. Jangan sampai ketinggalan, simak selengkapnya di bawah ini!

RAM

Meskipun bukan segalanya, namun semakin tinggi RAM, pastinya semakin baik pula performa yang akan diberikan sebuah smartphone. Hal ini dikarenakan peran RAM yang taka hanya berguna untuk menjalankan aplikasi, tapi juga untuk menampung aplikasi sistem.

Ketika membeli smartphone berkapasitas RAM 4 GB, jangan heran apabila kapasitas yang bisa digunakan hanyalah sebesar 2 GB. Hal ini dikarenakan sisa RAM yang lainnya telah digunakan untuk menjalankan sistem operasi smartphone. Oleh karena itu, semakin besar RAM yang bisa digunakan, semakin besar pula RAM yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi dalam satu waktu.

CPU

Central Procession Unit atau yang biasa disingkat CPU bisa dibilang merupakan otak sebuah ponsel pintar. Bagaimana tidak, CPU merupakan juru proses utama dari segala aktivitas yang terjadi pada sebuah smartphone.

Ketika membicarakan masalah CPU, Snapdragon, MediaTek, Intel, dan Exynos merupakan deretan nama CPU yang sering kali ditanamkan dalam sebuah ponsel. Namun dari banyaknya deretan nama CPU, Snapdragon dan Exynos menjadi dua nama yang paling populer dalam menyajikan performa smartphone yang maksimal.

GPU

Sesuai namanya, GPU atau Graphics Processing Unit, diandalkan sebuah juru olah grafis pada sebuah smartphone. Jenis GPU yang digunakan pada smartphone sangatlah berpengaruh besar terhadap seberapa lancarnya ponsel pintarmu untuk mengelola gambar atau video, tak hanya ketikaa melihat-lihat foto, tapi juga ketika menjalankan sebuah aplikasi game di ponsel. Smartphone dengan GPU Adreno dikenal lebih ‘gahar’ dalam memproses grafik pada smartphone dibandingkana PowerVR ataupun Mali.

CLOCK SPEED

Terlalu terpaku pada RAM, kebanyakan orang seharusnya juga memperhatikan clock speed dari CPU yang tepasang pada smartphone yang hendak dipilihnya. Bagaimana tidak, clock speed sangatlah berpengaruh dalam kinerja ponsel beraktivitas.

Sebagai contoh, prosesor Octa-core 1.0GHz VS prosesor Quad-core 2,5GHz lebih cepat mana? Jawabannya adalah Quad-core 2,5GHz. Hal ini dikarenakan prosesor tersebut memiliki 4 inti prosesor yang masing-masing bekerja di kecepatan 2,5GHz; jika bekerja bersamaan maka akan dihasilkan clock speed 10GHz.

UI

Disadari atau tidak, ternyata UI atau user interface ternyata juga memiliki peran yang cukup penting dalam mulus atau tidaknya sebuah smartphone bekerja. Misalnya MIUI dari rumah elektronik Xioami itu lebih ringan dan cepat jika dibandingkan dengan Zen UI ASUS, tapi sayangnya, kemulusan tersebut membuatnya lebih boros RAM.

Baca Juga :