3 Hal yang dapat Menghapus Pahala Sedekah

3 Hal yang dapat Menghapus Pahala Sedekah

3 Hal yang dapat Menghapus Pahala Sedekah

3 Hal yang dapat Menghapus Pahala Sedekah
3 Hal yang dapat Menghapus Pahala Sedekah

Assalamu’alaikum sahabat cahaya islam, kali ini saya akan membagikan topik yang cukup menarik terkait sedekah yaitu 3 Hal yang dapat menghapus pahala sedekah. Tentu kita tahu bahwa sedekah merupakan amalan yang sangat utama. Banyak dalil yang memaparkan keutamaan amalan sedekah ini. salah satunya potongan ayat ini
وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ
Artinya ; “Dan Barang apa saja yang kamu nafkahkan maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi Rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS:Saba’ :39)

3 Hal yang dapat Menghapus Pahala Sedekah

Namun yang harus kita waspadai adalah jangan sampai keutamaan sedekah tersebut terhapus sia-sia, Bahkan Allah Subhanahu wa ta’ala memperingatkan kita dalam Firman lainNya yg artinya:
Hai orang-orang yang beriman, Jangnlah kamu menghilangkan pahala sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartnya karena riya kpd manusia dan dia tidak beriman kpd Allah dan hari Akhir, maka perumpamaan orang tersebut seperti batu licin yang diatasnya ada tanah, kemudian batu tersebut ditimpa hujan lebat, hingga menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan: dan Allah tdk memberi petunjuk kpd orang-orang Kafir (QS; Al Baqarah ayat 264).

Dari firman Allah datas, disebutkan ada tiga hal yang dapat menghapus pahala sedekah yang sebaiknya kita hindari sbb:

Pertama yaitu Al-Mann (menyebut nyebut pemberian sedekah)

Al-Mann, maksudnya adalah menyebut-nyebut pemberian sedekah dihadapan orang yang diberi sedekah, agar menunjukkan kelebihan dirinya dibandingkan orang yang diberi sedekah tersebut. Perbuatan ini sangat tercela bahkan Rasul menyebut dalam haditsnya (H.R muslim :106) yang intinya adalah Al-mann adlah salah satu golongan yang tidak ingin Allah Ajak bicara, tak akan Allah saksikan dan tak akan Allah sucikan, dan juga baginya Azab yang pedih.

Baca Juga: https://www.pendidik.co.id/doa-sebelum-belajar/

Kedua yakni Al-Adzaa (menyakiti orang yang diberikan sedekah)

Arti dari Al-adzaa adalah setiap tindakan yang merugikan atau menyakiti orang lain. Oleh sebab itu, setiap orang bersedekah, dilarang melakukan perbuatan yang dapat menyakiti orang yg dikasih sedekah seperti; Angkuh dihadapannya, Merendahkan kehormatannya, Mengolok-ngolok ataupun tindakan yang apa saja yg menyakiti.

Ketiga yakni Riya (menampakkan amal dihadapan manusia untuk mendapatkan pujian)

Riya’ ialah perbuatan yang sangat dilarang, dan termasuk juga tindakan syirik khofi (syirik yang tersembunyi). Bahkan Rasulullah saw lebih mengkhawatirkan perbuatan ini menimpa umatnya dibandingkan fitnah dajjal. beliau bersabda yang artinya:

“Maukah kamu kuberitahu berkenaan sesuatu yang menurutku lebih saya khawatirkan pada kalian daripada finah Al-Masih dajjal? pada rekan bicara, “tentu saja”, Dirinya bersabda, “syirik khafi” (yg tersembunyi)”
Oleh sebab itu, kaum muslimin yang ingin bersedekah, hendaknya menjauhkan dari tiga sikap/ perbuatan tersebut, sebab perbuatan tersebut dapat menghapus pahala yg disedekahkan,