Connect with us

Business

3 Cara Cepat Memperbesar Ikan Koi

Published

on

3 Cara Cepat Memperbesar Ikan Koi

Bagaimana cara memperbesar ikan koi yang cepat? Di Indonesia, ikan koi banyak digemari oleh para penghobi ikan hias. Ikan ini biasanya dipelihara di dalam bak sehingga keindahan dan gerak-geriknya yang lincah mampu dinikmati secara maksimal. Tidak sedikit penghobi yang mengaku bila rumahnya menjadi semakin meriah dengan adanya ikan-ikan koi.

Ikan koi termasuk salah satu jenis dari ikan karper. Ikan ini mempunyai warna yang menarik dengan corak yang berbeda-beda. Perangainya yang cukup rakus terhadap makanan membuat tingkat pemeliharaan ikan ini tidak begitu sulit.

Cara Mempebesar Ikan Koi Dengan Cepat

Beberapa ragam ikan koi yang sering menjadi primadona antara lain kohaku, sanke, showa, asagi, shusui, tancho, shiro, matsuba, dan lain-lain. Setidaknya terdapat 3 cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan ikan koi yang Anda miliki. Apa sajakah itu?

Pemberian Pakan yang Tepat

ikan cupang aduan – Pakan yang baik bagi ikan koi tidak hanya asal ikan mau, tetapi juga harus memperhatikan faktor-faktor yang dapat mendukung pertumbuhan ikan tersebut. Pakan yang dipakai harus mengandung nilai gizi yang tinggi di antaranya meliputi protein dan lemak, serta suplemen vitamin dan mineral. Pakan sebaiknya diberikan sedikit demi sedikit namun rutin. Hal ini bertujuan untuk mencegah sisa pakan yang berlebihan. Anda mampu menunjukkan pakan sebanyak 2% dari berat tubuh ikan koi yang diberikan setiap 5 jam.

Kesesuaian Ukuran Kolam Pemeliharaan

Secara tidak eksklusif ukuran bak juga menghipnotis tingkat pertumbuhan ikan di dalamnya. Panjang bak yang ideal yakni 5 kali panjang ikan koi. Sedangkan lebar bak yang bagus yakni 3 kali panjang ikan koi. Perhatikan pula tingkat kedalaman air pada bak tersebut. Idealnya, bak untuk memelihara ikan koi wajib diisi air hingga sedalam 125-200 cm. Ikan koi tidak akan tumbuh hingga ukuran yang maksimal apabila kondisi di bak tidak mendukungnya.

Baca Juga  15 Ucapan Selamat Tahun Baru 2022 Untuk Teman Dan Keluarga

Pemilihan Varietas Ikan Koi

Setiap jenis ikan koi mempunyai beberapa varietas yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Contohnya ikan koi dari varietas lokal memiliki panjang maksimal hingga 60 cm, meskipun cukup sulit untuk mencapai ukuran tubuh yang paling optimum ini. Sedangkan sebagian besar ikan koi dari varietas impor mempunyai panjang tubuh maksimal rata-rata sekitar 75-80 cm. Bahkan tidak sedikit ikan koi impor yang memiliki panjang tubuh lebih dari 80 cm.

Halo perkenalkan saya owner sekaligus penulis di terbaru.co.id, semoga artikel dari kami bermanfaat

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Business

Hari Ini Pembukaan Pendaftaran Akun Kartu Prakerja 2022, Syarat Lolos Gelombang 23

Published

on

Hari Ini Pembukaan Pendaftaran Akun Kartu Prakerja 2022, Syarat Lolos Gelombang 23

Terbaru.co.id, Pada hari ini, Rabu 5 Januari 2022 pendaftaran akun Kartu Prakerja 2022 mulai dibuka di prakerja.go.id. Kenali persyaratan bisa lolos gelombang 23 di sini.

Hari yang dinanti-nantikan datang, registrasi Kartu Prakerja gelombang 23 pada akhirnya sah dibuka ini hari.

Registrasi yang dibuka ini hari ialah registrasi akun Kartu Prakerja, calon peserta dapat akses prakerja.go.id untuk memulai kerjakan registrasi.

Pembuatan akun Kartu Prakerja penting untuk ikuti penyeleksian gelombang 23 yang direncanakan dibuka diakhir Januari atau awalnya Februari 2022.

Persyaratan Dan Cara Daftar Akun Kartu Prakerja 2022

Saat sebelum mendaftarkan akun, kamu harus ketahui persyaratan bisa lolos Kartu Prakerja gelombang 23. Apa sajakah? Berikut persyaratan bisa lolos Kartu Prakerja:

Persyaratan Akun Kartu Prakerja 2022

  1. Masyarakat negara Indonesia atau WNI.
  2. Berumur 18 tahun ke atas.
  3. Sedang tidak tempuh pendidikan formal (sekolah/kuliah)
  4. Bukan anggota TNI/Polri, PNS/PPPK (ASN), Kepala Desa/Perangkat Desa, Komisaris BUMN/BUMD, anggota DPR/DPRD.

Cara Daftar Prakerja 2022

Bila penuhi persyaratan, selekasnya daftar Kartu Prakerja di link prakerja.go.id. Berikut cara daftar akun Kartu Prakerja:

  1. Membuka prakerja.go.id
  2. Persiapkan nomor Kartu Keluarga dan NIK.
  3. Masukan data diri dan turuti panduan pada monitor.
  4. Ikuti test Motivasi dan Kekuatan Dasar lewat cara online.
  5. Klik”Masuk” pada gelombang yang dibuka.

Sesudah usai, seterusnya kamu tinggal menanti agenda dibukanya registrasi Kartu Prakerja.

Gelombang 23 Prakerja 2022

Pada gelombang 23, stimulan yang hendak diterima peserta peluang tetap sama seperti gelombang 22 dan awalnya yakni Rp 3,55 juta yang terbagi dalam:

  1. Rp 1 juta untuk training,
  2. Rp 600 ribu stimulan tunai yang diberi /bulan sepanjang 4 bulan,
  3. Rp 150 stimulan survey.
Baca Juga  Hari Ini Kasus Omicron Di Indonesia Bertambah Jadi 572

Selainnya persyaratan yang disebut sebelumnya, peserta tidak bisa lolos Kartu Prakerja gelombang 23 bila pernah terima bantuan sosial lain dari Pemerintahan atau tercatat sebagai yang menerima bantuan sosial seperti BPUM atau BLT UMKM, sampai BSU Bantuan Upah.

Selanjutnya peserta yang sempat jadi peserta Kartu Prakerja gelombang awalnya, jadi tidak lolos pada gelombang 23 dan sebagainya.

Siapkan diri sebagus mungkin saat mendaftarkan akun Kartu Prakerja gelombang 23. Tidak boleh berkecil hati bila kamu gagal lolos. Yok selekasnya daftar akun di www.prakerja.go.id!

Continue Reading

Business

Cara Membuat Akun Kartu Prakerja 2022 Dan Syaratnya

Published

on

Cara Membuat Akun Kartu Prakerja 2022 Dan Syaratnya

Terbaru.co.id, Jakarta. Untuk warga yang ingin membuat akun Kartu Prakerja 2022, Anda telah mulai bisa membuatnya di website dashboard.prakerja.go.id. Pembikinan akun Prakerja sempat memang ditutup dan tombol registrasi tidak diaktifkan pada 15 Desember 2021 kemarin.

Mengambil sumber dari Instagram @prakerja.go.id, warga dapat kembali membuat akun Prakerja diawali di hari ini, 5 Januari 2022.

Walau Gelombang 23 Prakerja belum dibuka, bila Anda telah mempunyai akun dapat semakin cepat dan mudah mendaftarkan gelombang yang dibuka. Anda langsung bisa klik masuk dan ikuti penyeleksian gelombang yang dibuka apabila sudah mempunyai akun.

Persyaratan membuat akun Kartu Prakerja

Bila Anda ingin membuat akun Kartu Prakerja, berikut syarat yang harus disanggupi.

  • WNI berumur 18 tahun ke atas.
  • Sedang tidak tempuh pendidikan formal.
  • Mencari kerja, karyawan/pekerja yang terserang PHK, atau karyawan/pekerja yang memerlukan kenaikan kapabilitas kerja, seperti karyawan/pekerja yang diberhentikan dan karyawan bukan yang menerima gaji, terhitung aktor usaha micro dan kecil.
  • Bukan yang menerima bansos yang lain sepanjang wabah Covid-19.
  • Bukan petinggi negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kades dan Perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) di dalam 1 Kartu Keluarga (KK) sebagai Yang menerima Kartu Prakerja.

Langkah Cara Membuat Akun Prakerja

Membuat akun Prakerja untuk warga yang awalnya belum mempunyai akun, diringkas dari situs Kartu Prakerja.

  1. Membuat akun di website https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.
  2. Masukan alamat e-mail dan sandi, selanjutnya klik Daftar.
  3. 3. Membuka e-mail pemberitahuan yang dikirim ke e-mail yang didaftarkan di website Prakerja dan lakukan klarifikasi.
  4. Apabila sudah lakukan klarifikasi, karena itu registrasi sukses dan Anda dapat meneruskan pada proses registrasi.
Baca Juga  Tagar Tangkap Zein Kribo Jadi Trending Topic, Ini Tanggapan Helmi Felis

Sekarang ini Gelombang Kartu Prakerja 2022 belum dibuka, karena itu warga disarankan waspada dengan link atau situs palsu yang mengatasdirikan Kartu Prakerja.

Continue Reading

Business

Pengertian Online Shop Menurut Para Ahli, Keunggulan Dan Kekurangan

Published

on

Pengertian Online Shop Menurut Para Ahli, Keunggulan Dan Kekurangan

Sebelum kita membahas tentang pengertian online shop, perlu kita bahas sedikit tentang bisnis online. Bisnis online adalah bisnis yang jual beli atau transaksinya dilakukan secara online melalui media internet. Kebalikannya adalah bisnis offline, yaitu bisnis yang transaksinya dilakukan secara langsung (bertemu) antara penjual dan pembeli.

Bisnis online dibuat sebagai pengembangan dari bisnis offline, karena dengan mencoba bisnis online berarti kita membuka pasar baru. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memulai atau melakukan bisnis online.

Di antaranya bisa melalui pemasangan iklan, melalui blog atau website. Di antara bisnis yang sering dilakukan secara online adalah menjual produk, menjual jasa, menjual informasi, dan menjual iklan.

Pengertian Online Shop Menurut Para Ahli

Menurut Didit Agus Irwantoko, belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang/jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall (Didit Agus Irwantoko,2012). Maksutnya, tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.

Hasil survey terakhir (December 2011) menunjukkan bahwa 36% dari seluruh transaksi perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online shop. Diperkirakan 80% dari transaksi online tersebut ternyata dilakukan oleh bisnis online berskala Mikro Kecil (UMK). Omzet dari bisnis online berskala UMK ini mulai dari 2juta per bulan, hingga puluhan juta per bulan, namun karena jumlahnya sangat banyak, maka omzet keseluruhan UMK online mampu mencapai 80% dari keseluruhan transaksi online. (Bonafide Logo, 2012)

Survey yang dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara 5 Desember 2011 hingga 6 Februari 2012. Laporan untuk kawasan Asia/Pasifik—Thailand, Cina, Jepang, Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru, Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia, Singapura, India, Filipina—juga dilengkapi dengan wawancara mengenai perilaku berbelanja online terhadap 7.373 responden dari 14 negara—catatan: hasil survei dan laporan yang menyertainya tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (DuniaUKM, 2012).

Di Indonesia sendiri, belanja online atau online shop mulai muncul sekitar tahun 2000 an, dan sekarang toko online sudah menjamur ada dimana mana. Apalagi dengan adanya dukungan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, blog, multiply, tumblr, yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang ingin di jual/di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang membuat berbelanja online semakin mudah terjadi.

Pada awal kemunculannya di Indonesia, berbelanja online hanya di gunakan oleh masyarakat dari kalangan atas, karena berbelanja online membutuhkan komputer, jaringan internet, dan kartu debet untuk melakukan transaksi jual/beli tersebut. Namun seiring berjalannya waktu,  dikarenakan oleh faktor kenyamanan dan kecepatan, sekarang mulai dari ibu-ibu pejabat, sampai mahasiswa/mahasiswi banyak yg memanfaatkan

Cara Membuat Online Shop Sendiri

Namun yang lazim digunakan adalah dengan membuat online shop, baik via blog maupun via web. Nah…pengertian online shop sendiri adalah membuat toko di internet dengan segala fitur yang digunakannya. Membuat online shop dapat di blog atau pun di web.

Berikut akan dijelaskan secara singkat cara membuat online shop:

Persiapan

Kita harus mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam membuat online shop ini. Di antaranya adalah:

Menentukan produk yang akan dipasarkan atau dijual. Dalam hal ini yang harus kita kuasai adalah kenali keahlian kita. Caranya bisa dengan memulai apa yang menjadi hobi atau kesenangan kita, prestasi.

Berikutnya adalah membaca apa yang sekiranya dibutuhkan oleh pasar atau calon pembeli, dan lihat prospek ke depannya. Apa yang banyak dicari orang dan dibutuhkan di internet.

Memiliki Nama Bisnis Yang Tepat.

Nama bisnis ini biasa tertulis sebagai domain (contohnya: www.onlineshop.com). Yang harus diperhatikan adalah kita harus membuat nama bisnis ini yang enak dilihat dan dibaca. Sehingga orang akan mudah mengingat nama bisnis kita.

Baca Juga  Tahap Mengembangkan Inisiatif

Termasuk tulisannya pun jangan neko-neko atau aneh, sehingga dapat menyulitkan orang lain ketika harus mengetiknya.

Lakukan Riset Pasar.

Riset pasar ini dapat dilakukan dengan membuat survey kecil-kecilan. Bisa berdasarkan jenis kelamin, usia, tingkatan pendidikan, pekerjaan, dan lain-lain. Selain itu juga lakukan riset terhadap para pesaing kita.

Mencari Produsen, Suplyer atau Pemasok.

Apabila kita tidak dapat atau belum dapat membuat dan memproduksi sendiri produk yang akan kita jual, maka hendaknya kita mencari penyedia produk itu untuk kemudian kita jual dan kita mendapatkan laba dari selisih pembelian dan penjualan produk itu.

Menyediakan Gudang.

Maksudnya adalah kita harus mempunyai tempat untuk menyimpan produk yang akan kita jual tersebut.

Menentukan Teknis Pembayaran

Transaksi online dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu Cash on Delevery (COD) dan transfer bank.

COD adalah membayar produk apabila produknya sudah nyampe dan ke terima oleh pembeli. Sedangkan transfer bank, biasanya pembeli harus mengirimkan uang dulu baru akan mendapatkan produk yang dibelinya.

Join Partner Dengan Jasa Pengiriman

Selain dari kualitas produk, dalam bisnis online juga sangat dipengaruhi oleh proses pengiriman.

Apabila pengirimannya mengecewakan, maka konsumen ragu-ragu bahkan mungkin tidak akan membeli lagi di online shop kita. Jadi carilah dan jalin hubungan yang baik dengan jasa pengiriman yang berkualitas.

Membuat Online Shop

Untuk membuat online shop kita dapat membuatnya sendiri, baik via blog atau pun web. Ada yang gratis dan ada juga yang bayar, tentunya sesuai dengan budget kita.

Namun, apabila kita ingin mempunyai online shop yang berkualitas, maka carilah jasa penyedia pembuatan online shop. Kita tinggal googling atau pun tanya ke teman-teman yang mengetahui jasa pembuatan online shop. Harganya variatif, dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Yang murah pun tidak jadi masalah, asal jangan murahan.

Hal Penting Dalam Bisnis Online Shop

Nah…hal-hal yang disebutkan di atas tadi adalah sesuatu yang harus diperhatikan apabila kita akan membuat pengertian online shop. Dan berikut ada beberapa hal yang akan dijelaskan apabila kita sebagai konsumen dan akan membeli secara online supaya kita tidak kena tipu:

1. Tiga hal penting yang harus dicatat dalam bisnis online, yaitu kredibilitas penjual, contact person penjual, dan metode yang digunakan ketika transaksi.

2. Harus mengetahui terlebih dahulu dimana kita dapat memperoleh produk yang kita cari. Tanya teman yang pernah atau sering melakukan pembelian online, syukur-syukur teman yang kita tanya pernah membeli produk yang sama yang akan kita beli.

3. Setelah dapat web atau blognya, segera lakukan pengecekan terhadap online shop tersebut. Kredibilitas suatu online shop dapat dilihat berdasarkan terstimoni yang muncul.

Apabila terstimoninya banyak yang positif, berarti online shop tersebut dapat dipercaya. Namun, apabila testimoninya banyak yang negatif, berarti harus kita hindari untuk membeli di online shop tersebut.

4. Usahakan data penjual atau seller jelas. Apabila online shop tersebut memiliki toko secara offline, pastikan kita mencatat alamat dan no tlpnya. Dan cek ulang keberadaannya. Namun, apabila penjual tersebut perorangan, maka pastikan terlebih dahulu ada no tlpnya, dan hubungi terlebih dahulu sebelum membeli.

5. Jangan langsung mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan. Terus cek kembali dari berbagai sumber dan media. Pengalaman penulis pernah membeli suatu produk dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan yang lainnya.

Namun, ketika produk tersebut tiba di rumah dusnya dalam keadaan rusak, dan produknya pun yang sudah usang. Waktu itu penulis tidak dapat komplen, karena di web nya tidak disebutkan alamat dan no tlp yang dapat dihubungi.

6. Apabila sudah yakin akan membeli, silahkan bandingkan dengan toko online lainnya sesuai dengan harga barang + ongkos kirim.

7. Apabila tidak yakin dengan kondisi produk nantinya, lebih baik menggunakan metode COD (cash on Delevery).

8. Apabila pembayaran dilakukan via transfer, pastikan rek yang dituju dapat menggunakan fasilitas rekber (rekening bersama). Apabila pembayarannya menggunakan kartu kredit, maka pastikan websitenya memakai “http://”

9. Hindari transaksi atau pembayaran apabila penjual atau seller menolak menggunakan COD atau rekening bersama.

10. Pilih online shop yang menggunakan jasa pengiriman yang terkenal, atau yang sudah terpercaya.

11. Simpan data-data pembelian dan pembayaran yang sudah dilakukan sebagai antisipasi di kemudian hari muncul masalah.

Kesimpulan dari beberapa penjelasan di atas, baik yang berkenaan dengan membuat online shop maupun sebagai konsumen adalah bahwa kita harus berhati-hati dalam melakuka bisnis online.

Jangan sampai kita tertipu dan dirugikan, apalagi sampai kita sendiri yang merugikan orang lain. Kalau kita berperan sebagai seller atau penjual, maka kita harus bisa menjaga kepercayaan orang lain dengan cara memberikan pelayanan sebaik-baiknya.

Sehingga pelanggan merasa puas dengan pelayanan online shop kita. Dan bisa jadi dikemudian hari akan membeli lagi di toko online kita. Sedangkan apabila kita berperan sebagai konsumen atau pembeli, maka kehati-hatian ketika mengecek penjual atau seller mutlak dilakukan, supaya tidak terjebak dan dirugikan.

Baca Juga  Pengertian Politik Dan Strategi Keamanan Nasional

Kelebihan Online Shop

Bisnis yang menggunakan online shop kini makin menjamur. Hal ini bisa diindikasikan jika kita masuk ke situs mesin pencari dan mengetikkan kata kunci tersebut, maka akan bermunculan ribuan nama yang berusaha memamerkan dagangan mereka.

Ada beberapa alasan mengapa bisnis bersistem online shop makin diminati dan menjamur di tengah masyarakat. Alasan tersebut di antaranya adalah :

  • Makin meningkatnya kemampuan masyarakat dalam menyerap teknologi, sehingga penggunaan internet bukan lagi hal asing dan rumit di tengah masyarakat.
  • Online shop tidak membutuhkan lokasi untuk memasang barang dagangan sebagaimana jika kita membuka toko konvensional.
  • Tidak perlu menyimpan stock barang dalam jumlah banyak.
  • Berbisnis online shop menghindarkan kita dari kewajiban membayar pajak sehingga bisa menekan biaya produksi agar harga jual bisa lebih rendah.
  • Online shop tidak perlu ditunggui secara permanen, sehingga kita bisa melakukan aktivitas lainnya.
  • Antara pembeli dan penjual bisa bertransaksi tanpa perlu bertemu muka.

Kekurangan Online Shop

Semua bayangan akan keuntungan besar dan kerja enak akan membayangi Anda yang akan menggeluti bisnis online. Hanya bermodal gadget, koneksi internet, dan list atau katalog barang online, serta tidak lupa juga beberapa akun sosial media, Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Tidak perlu sekolah bisnis atau yang lainnya, Anda sudah bisa langsung jalan.

Namun ternyata dibalik semua kemudahan itu, ada kekurangan bisnis online yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah :

Tidak bisa bekerja tanpa koneksi internet

Ini jelas, karena semua media sosial yang Anda jadikan promosi itu akan aktif saat ada koneksi internet. Di saat mati lampu, koneksi internet akan lemot. Padahal saat itu sedang banyak orderan dari pelanggan, maka sudah pasti semua pekerjaan terbengkalai. Berbeda kalau bekerja offline, menjual apa saja sudah ada stok di toko. Kalau Tidak bisa dihubungi, maka bisa langsung ke toko.

Rawan dibohongi atau ditipu

Seperti yang Anda ketahuan, kalau sistem belanja online adalah membayar terlebih dahulu, baru kemudian barang diproses (dibelikan dari reseller, packing, lalu dikirim). Proses ini sangatlah aman dan akan menjaga kepercayaan antara penjual dan pembeli. Pembeli amanah dengan langsung membayar dan penjual bertanggung jawab langsung mengirim barang yang dibeli.

Tetapi pada kenyataannya, bukti transfer ada yang palsu. Pembeli menunjukkan bukti transfer via medsos ke penjual, lalu penjual yang terlalu banyak pekerjaan langsung percaya. Ternyata uang tidak masuk ke rekening setelah dicek dan bandang terlanjur dikirim. Bukan hanya itu saja, kekurangan bisnis online ini juga terkait dengan janji pembeli yang akan membuat setelah barang dikirim ternyata bohong. Setelah ditagih malah hilang tanpa jejak.

Dibohongi supplier

Banyaknya supplier yang bekerja sama dengan Anda membuat katalog barang Anda semakin banyak. Kebutuhan pembeli pun bisa terpenuhi dari satu online shop saja. Tetapi ternyata katalog dari supplier itu adalah editing. Saat barang benar-benar dipesan pembeli, yang datang malah mengecewakan. Kualitasnya sangat jauh dari tampilan gambar. Alhasil Anda pun harus bertanggung jawab untuk mengganti kerugian pembeli.

Barang tidak sampai ke pembeli

Ini juga masuk ke kekurangan bisnis online, karena macet di ekspedisi, atau memang sudah hilang di tengah jalan. Anda pun akan mendapatkan protes dari pembeli. Tidak jadi untung, tetapi malah buntung. Hal ini sebenarnya bisa diminimalisir dikarenakan untuk eksebisi saat ini sudah bisa di tracking dan dipermudah dengan pemantauan secara online.

Sabar saat banyak pembeli yang hanya bertanya saja

Saat tahu harganya mereka mundur halus atau tidak jadi membeli. Jadi pebisnis online harus super sabar. Kapan saja smartphone akan berbunyi. Entah berisi pesanan atau bertanya saja. Hal ini menjadi hal yang wajar karena dalam bisnis online pembeli mempunyai kesempatan untuk bertanya tapi juga berpeluang juga untuk menjadi PHP untuk tidak membeli produk Anda.

Menjadi subjek pelanggan

Kaitannya adalah dengan status Facebook atau media sosial yang sudah menjadi rutinitas mainan sehari-hari. Isinya kebanyakan menyindir, memuji, atau yang lainnya. Menjadi pengusaha online shop pun harus siap menjadi objek pembicaraan di medsos oleh pelanggan.

Untung kalau isinya tentang kepuasan, kalau menyindir atau menjatuhkan malah akan membuat Anda rugi. Kekurangan bisnis online ini berawal dari hal sepele yang akibatnya sangat fatal. Jadi, pengusaha online shop bermediakan medsos, pembeli pun demikian.

Dibanding-bandingkan dengan online shop yang lainnya

Utamanya adalah masalah harga. Pembeli memang raja, jadi bisa kapan saja mendapatkan informasi harga-harga barang di beberapa online shop. Tetapi akan sangat mengganggu jika terlalu dibanding-bandingkan. Bagi yang tidak kuat maka akan ikut-ikutan penjual online yang lainnya. Padahal beda supplier dan juga beda kualitas. Selain itu beda wilayah pun juga menjadi faktor yang membedakan harga dari satu online shop ke online shop yang lainnya.

Omset menurun jika barang yang dijual tidak up to date

Ini dikarenakan kebanyakan barang Yang dijual di online shop adalah yang belum dijual di toko offline. Kalau barang dagangan tidak update, maka akan ditinggal pelanggannya. Hal ini perlu dilakukan dengan sangat cepat untuk bisa mengupdate dan memberikan inovasi terhadap produk kita kepada customer. Jangan sampai tidak update membuat customer kita tidak bisa dan tidak menyukai produk yang kita jual.

Continue Reading

Trending