3 Cara Cepat Memperbesar Ikan Koi

3 Cara Cepat Memperbesar Ikan Koi

3 Cara Cepat Memperbesar Ikan Koi
3 Cara Cepat Memperbesar Ikan Koi

Bagaimana cara memperbesar ikan koi yang cepat? Di Indonesia, ikan koi banyak digemari oleh para penghobi ikan hias. Ikan ini biasanya dipelihara di dalam bak sehingga keindahan dan gerak-geriknya yang lincah mampu dinikmati secara maksimal. Tidak sedikit penghobi yang mengaku bila rumahnya menjadi semakin meriah dengan adanya ikan-ikan koi.

Ikan koi termasuk salah satu jenis dari ikan karper. Ikan ini mempunyai warna yang menarik dengan corak yang berbeda-beda. Perangainya yang cukup rakus terhadap makanan membuat tingkat pemeliharaan ikan ini tidak begitu sulit. Beberapa ragam ikan koi yang sering menjadi primadona antara lain kohaku, sanke, showa, asagi, shusui, tancho, shiro, matsuba, dan lain-lain. Setidaknya terdapat 3 cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan ikan koi yang Anda miliki. Apa sajakah itu?

Pemberian Pakan yang Tepat

ikan cupang aduan – Pakan yang baik bagi ikan koi tidak hanya asal ikan mau, tetapi juga harus memperhatikan faktor-faktor yang dapat mendukung pertumbuhan ikan tersebut. Pakan yang dipakai harus mengandung nilai gizi yang tinggi di antaranya meliputi protein dan lemak, serta suplemen vitamin dan mineral. Pakan sebaiknya diberikan sedikit demi sedikit namun rutin. Hal ini bertujuan untuk mencegah sisa pakan yang berlebihan. Anda mampu menunjukkan pakan sebanyak 2% dari berat tubuh ikan koi yang diberikan setiap 5 jam.

Kesesuaian Ukuran Kolam Pemeliharaan

Secara tidak eksklusif ukuran bak juga menghipnotis tingkat pertumbuhan ikan di dalamnya. Panjang bak yang ideal yakni 5 kali panjang ikan koi. Sedangkan lebar bak yang bagus yakni 3 kali panjang ikan koi. Perhatikan pula tingkat kedalaman air pada bak tersebut. Idealnya, bak untuk memelihara ikan koi wajib diisi air hingga sedalam 125-200 cm. Ikan koi tidak akan tumbuh hingga ukuran yang maksimal apabila kondisi di bak tidak mendukungnya.

Pemilihan Varietas Ikan Koi

Setiap jenis ikan koi mempunyai beberapa varietas yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Contohnya ikan koi dari varietas lokal memiliki panjang maksimal hingga 60 cm, meskipun cukup sulit untuk mencapai ukuran tubuh yang paling optimum ini. Sedangkan sebagian besar ikan koi dari varietas impor mempunyai panjang tubuh maksimal rata-rata sekitar 75-80 cm. Bahkan tidak sedikit ikan koi impor yang memiliki panjang tubuh lebih dari 80 cm.